Manfaatkan Limbah Kopi, Tim Riset ITB Buat Kue dan Minuman Enak

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 22 Nov 2021 14:15 WIB
Hasil Olahan Limbah Kopi
Foto: ITB
Jakarta -

Inovasi datang dari tim riset SITH Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berhasil mengolah limbah kopi menjadi makanan dan minuman. Limbah tersebut berasal dari cascara atau kulit kopi ceri. Ternyata jika diolah menjadi makanan dan minuman, kulit kopi ceri memberikan cita rasa yang unik.

Tim riset SITH ITB sendiri terdiri dari Muhammad Yusuf Abduh dan Mia Rosmiati menyampaikan materi tentang pengolahan kulit kopi ceri kepada Kelompok Wanita tani (KWT) Mekar Mandiri di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang pada 13 November 2021.

Kegiatan pelatihan diseminasi tersebut mencakup pelatihan membuat marble cake dan cookies berbahan dasar cascara serta minuman kekinian yang juga berbahan dasar cascara.

"Adanya kegiatan ini, alhamdulillah banyak sekali manfaatnya untuk kelompok kami di antaranya kita dapat mengetahui berbagai macam bahan-bahan untuk membuat kue, minuman, dan berbagai macamnya lagi. Kita dapat memanfaatkannya dari bahan kopi (kulit kopi: Cascara) yang kita punya dan bahan makanan lainnya, juga terima kasih untuk pembinaan dari ITB ini kami bisa mempunyai resep-resep terbaru lagi," ujar Risa Meiyani salah satu anggota KWT Mekar Mandiri di Desa Cibunar yang dikutip dari laman ITB.

Sebelumnya ITB sendiri telah melakukan penilitian kulit kopi cascara selama tiga tahun. Kulit kopi cascara sendiri kaya akan antikoksidan dan nutrisi lainnya. Sayangnya banyak yang tidak mengetahui khasiat dari kulit kopi cascara.

Dari hasil penelitian tim riset SITH ITB berhasil menghasilkan tiga produk turunan cascara yaitu kue, suplemen kesehatan, dan minuman serta alat pengeringan cascara. Alat pengeringan cascara tersebut dipercaya memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Cibunar.

Yusuf berharap kedepannya agar kegiatan pelatihan ini dapat menjadi contoh dan memberikan informasi juga membuka wawasan dengan memberikan keterampilan kepada masyarakat. Ia juga menyampaikan agar Kelompok Tani Mekar Mandiri dapat memvalorisasi kulit ceri kopi menjadi bioproduk bernilai tinggi.

"Semoga Kelompok Wanita Tani Mekar Mandiri dapat menjadi contoh kepada Kelompok Wanita Tani yang lain dalam mengembangkan bioproduk berbasis sumber daya alam dengan kreatif, inovatif, dan menjadi Kelompok Wanita Tani yang terdepan dan mandiri," ujar Yusuf.

Yusuf juga menyatakan agar Indonesia terus berinovasi dalam pengolahan limbah.

"Mari menjadi masyarakat yang kreatif dan inovatif dalam melihat peluang pemanfaatan bioproduk berbasis sumber daya alam yang sering kali memiliki banyak manfaat terpendam di dalamnya namun belum diolah lebih lanjut," kata ketua tim tim riset SITH ITB tersebut.



Simak Video "Limbah Industri Pabrik Disulap Jadi Hiasan Dinding"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia