6 Film tentang Guru yang Penuh Inspirasi, Jangan Tonton di IndoXXI & LK21 Ya!

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 20 Nov 2021 14:07 WIB
Hari Guru Sedunia, Ini 7 Film tentang Guru yang Menginspirasi
Film Like Stars on Earth sebagai film rekomendasi untuk Hari Guru Nasional 2021. (Foto: dok. Istimewa/IMDB)
Jakarta - Peringatan Hari Guru Nasional akan jatuh pada 25 November 2021 mendatang. Hari besar nasional ini mulai berlaku sejak Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 1994 diteken oleh Presiden kedua RI Soeharto.

Dalam rangka menyemarakkan peringatan tersebut, detikEdu merangkum beberapa film tentang guru yang dapat detikers tonton pada Hari Guru Nasional. Simak di sini film rekomendasi tentang guru yang penuh inspirasi.

6 Film tentang Guru dalam Rangka Peringatan Hari Guru Nasional 2021

6 Film tentang Guru:

1. Stand & Deliver (1988)

Rekomendasi pertama yakni film Stand & Deliver. Film ini dimulai dari Garfield High School, sekolah yang hampir ditutup karena dianggap memiliki reputasi nilai yang buruk. Tetapi, metode pengajaran guru Jaime Escalante mengubah murid di sana.

Ia mengenalkan kalkulus dengan metode pengajaran yang mudah dimengerti muridnya. Kerja keras Escalante bahkan membawa murid-murid tersebut berhasil untuk melewati ujian.

2. Dead Poet's Society (1989)

Film ini mengisahkan tentang sekolah persiapan khusus laki-laki yang dikenal dengan aturannya yang ketat dan mengagungkan tradisi kuno. Hingga kehadiran guru Bahasa Inggris baru, John Keating, mengubah mereka.

Sang guru menggunakan metode mengajar yang asing bagi para siswa tersebut. Hal ini dilakukan agar semua siswanya tertarik mengikuti pelajaran. Meskipun guru tersebut harus menghadapi tekanan besar dari pihak orang tua maupun sekolah.

3. Like Stars on Earth atau Taare Zameen Par (2007)

Like Stars on Earth bercerita tentang anak usia 8 tahun, Ishaan Awasthi, yang dikenal sebagai anak nakal dan pembuat onar. Padahal, Ishaan hanyalah seorang anak yang menderita diseleksia dan membuatnya kesulitan menjalani kehidupan sehari-hari layaknya anak-anak lain.

Suatu hari, Ishaan dipertemukan dengan guru kesenian baru Ram Shankar Nikumbh. Berbekal pengalaman yang sama dengan Ishaan semasa kecilnya dulu, guru Nikumbh berhasil melakukan pendekatan dengan Ishaan dan turut membantu membangkitkan kepercayaan diri sang siswa.

4. Front of The Class (2008)

Film ini diangkat dari kisah nyata Brad Cohen, seorang guru yang menderita Tourette Syndrome sejak kecilnya. Penyakit gangguan sistem saraf ini membuat pengidapnya kerap membuat gerakan atau suara aneh secara spontan.

Seorang kepala sekolah tempatnya menuntut ilmu dulu menginspirasi Brad untuk mengejar mimpi menjadi guru. Meskipun upaya lebih harus dikeluarkan oleh Brad, namun dia berhasil menjadi guru yang membawa prestasi untuk muridnya.

5. Sokola Rimba (2013)

Film Sokola Rimba berasal dari kisah nyata Butet Manurung, seorang yang bekerja di sebuah lembaga konservasi di Jambi. Pertemuannya dengan seorang anak suku Anak Dalam, Nyungsang Bungo, memotivasi Butet untuk mengajar anak-anak di suku pedalaman tersebut.

6. Hichki (2018)

Selanjutnya, kisah tentang guru yang mengidap penyakit Tourette Syndrome lainnya dapat ditonton dalam film Hichki. Film ini bercerita tentang Naina Mathur dengan gangguan yang diidapnya dan membuat Naina kesulitan diterima oleh sejumlah sekolah sebagai guru.

Namun, permasalahan tidak berakhir meskipun akhirnya dia diterima di salah satu sekolah St. Noker's. Naina harus menghadapi kelas dengan murid-murid yang sulit diatur. Belum lagi, suara cegukan yang kambuh sebagai efek Tourette Syndrome membuatnya menjadi bahan tertawaan di kelas.

Nah, itu dia 6 film tentang guru yang penuh inspirasi rekomendasi tim detikEdu. Tapi ingat ya, tonton di situs legal ya, jangan di IndoXXI dan LK21!

Simak Video "Lebah Lucu Rayakan Hari Guru Nasional di Google Doodle"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia