Gagal SNMPTN dan SBMPTN, Delna Pranata Malah Dapat Beasiswa ke Korea Selatan

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 19 Nov 2021 15:30 WIB
Gagal SNMPTN dan SBMPT malah dapat beasiswa ke Korea
Foto Delna Pranata yang berhasil mendapatkan beasiswa ke Korea Selatan, padahal gagal SNMPTN dan SBMPTN. Foto: instagram @delnanurpranata
Jakarta - Siapa bilang gagal SNMPTN dan SBMPTN berarti memupuskan harapan untuk kuliah? Mahasiswa satu ini justru mendapatkan beasiswa luar negeri setelah mendapatkan kegagalan.

Pepatah kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda ternyata dirasakan mahasiswa bernama Delna Nur Pranata yang mendapatkan keberhasilan meraih beasiswa setelah dua kali gagal dalam seleksi perguruan tinggi nasional.

Selepas lulus dari SMKN 4 Tangerang, Delna mengaku memiliki nilai yang baik sehingga ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Dua kali mendaftar kuliah ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melalui SNMPTN dan SBMPTN berakhir gagal.

"Feelingku karena pelajaran di SMK tidak sedetail pelajaran SMA. Mungkin universitas negeri bukan jalanku. Akhirnya dengan berat hati, aku pun memilih melanjutkan kuliah ke universitas swasta di Jakarta," ungkapnya dikutip dari laman Lembaga Bimbingan Kuliah ke Luar Negeri, Schoters, Jumat (19/11/2021).

Setelah gagal, semangat Delna untuk kuliah tidak pernah turun. Sampai suatu hari, ia mendapatkan informasi dari guru SMK tentang beasiswa ke Korea Selatan. Sejak itu Delna mengaku mulai menyiapkan berkas pendaftaran mulai mengisi formulir aplikasi, personal statement, study plan, dan berkas penunjang lainnya.

"Aku pun mencoba membuat rencana studi semenarik mungkin. Aku jelaskan di situ apa yang aku lakukan saat ini, apa rencana aku ke depannya, dan apa benang merah antara jurusan aku dan jurusan yang aku pilih di Korea. Setelah ready semuanya, aku kirim berkasnya," jelasnya.

Proses itu pun membuahkan hasil dua minggu kemudian. Delna berhasil lolos seleksi berkas dan diundang seleksi wawancara untuk beasiswa ke Korea. Delna menyiapkan diri menghadapi tahap tersebut, meski masih merasa takjub.

"Aku agak ga nyangka sih, karena ini pertama kalinya aku daftar beasiswa. Aku senang, tapi bingung harus melakukan apa. Aku pun nyari banyak referensi gimana caranya jawab pertanyaan buat wawancara beasiswa," imbuhnya.

Setelah melalui proses seleksi, Delna kemudian berhasil menjadi penerima beasiswa di Korea (Awardee), yaitu Korean Government Scholarship Program (KGSP). Ia menjalani kuliah jenjang sarjana (S1) di kampus Inha Technical College, di Incheon, Korea Selatan dan lulus pada 2020 lalu.

Beasiswa dari Pemerintah Korea Selatan tersebut memberikan fasilitas fully funded (beasiswa penuh). Mulai dari biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat pergi-pulang, biaya les bahasa, dan masih banyak lagi.

Bagaimana detikers, menginspirasi kan? Semoga detikers juga pantang menyerah dalam berusaha meraih beasiswa, ya!

Simak Video "Detik-detik Peluncuran Roket Pertama Korsel ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia