9 Cara Membedakan Jenis Ikan Cupang Jantan dan Betina, Jangan Salah Lagi!

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 16 Nov 2021 16:00 WIB
Pamor ikan cupang kian meroket di masa pandemi. Kehadiran pameran ikan cupang di kawasan Serpong ini pun jadi surga bagi pencinta ikan cupang di Jabodetabek.
Foto: Andhika Prasetia/Detikcom
Jakarta -

Ikan cupang atau betta fisih merupakan jenis ikan yang agresif dan sangat ketat menjaga daerah teritorinya. Jenis ikan cupang jantan biasanya lebih agresif dari betina.

Apakah detikers mengetahui bagaimana cara membedakan jenis ikan cupang jantan dan betina? Jika belum, simak penjelasan berikut yang dikutip dari CNN:

1. Warna

Ikan cupang jantan biasanya memiliki warna-warna yang lebih cerah daripada ikan betina. Biasanya ikan cupang betina berwarna kusam dan cenderung gelap.

2. Garis-garis Vertikal pada Tubuh

Ikan cupang betina memiliki corak-corak pada tubuhnya ketika sudah siap pada masa kawin. Sedangkan jantan tidak. Ikan cupang siap kawin pada usia 3-4 bulan.

3. Bentuk Tubuh

Ikan cupang betina bertubuh pendek, sedangkan yang jantan panjang. Sisi-sisi tubuh jantan lebih memanjang dari ujung mulut hingga ekor.

4. Sirip

Jenis ikan cupang jantan memiliki sirip yang lebih panjang hingga tiga sampai empat kali betina. Betina memiliki sirip ekor pendek dan jantan memiliki sirip panjang. Pada sisi perut jantan juga lebih panjang daripada betina.

5. Bintik Telur

Hanya ikan cupang betina yang memiliki bintik telur yang terletak di antara sirip perut dan dubur mereka.

Ini sebenarnya ovipositor-tempat keluar telur setelah cupang jantan membuahi. Biasanya bintik telur ini akan bisa dideteksi saat cupang berusia 3 bulan ke atas.

6. Jenggot Cupang

Cupang memiliki membran di bawah penutup pelat insang disebut sebagai opercular. Membran ini muncul seperti janggut dan muncul ketika ikan mengembangkan insangnya

Jantan memiliki janggut yang jauh lebih besar dari betina, sehingga terlihat walaupun cupang jantan tidak mengembangkan insangnya.

7. Perilaku

Jenis ikan cupang jantan adalah ikan petarung yang kejam dan agresif. Oleh karena itu jangan menaruh dua jantan di dalam tempat yang sama.

Disarankan juga untuk tidak menggabungkan cupang jantan dan betina dalam satu akuarium kecuali ketika kawin.

8. Agresivitas

Ikan cupang jantan sangat mungkin menyerang betina, namun betina tidak pernah menyerah jantan. Agresivitas antara cupang betina tidak seganas antar cupang jantan.

9. Gelembung

Hanya jenis ikan cupang jantan yang membuat gelembung. Gelembung tersebut dibuat sebelum kawin dengan betina. Gelembung ini berfungsi untuk tempat perlindungan telur-telur yang telah dikeluarkan sang betina setelah mereka kawin.

Secara spesifik, ikan cupang hias sendiri ada beberapa jenis, yaitu:

1. Betta Fish Crowntail

- Siripnya seperti sisir dengan rumbai-rumbai

2. Betta Fish Half Moon

- Sirip yang lebar dan simetris menyerupai setengah bulan

3. Betta Fish Double tail

- Punya ekor ganda yang membelah di bagian tengah

4. Betta Fish Plakat

- Ekornya kecil dan membulat

5. Betta Fish Giant

- Berukuran lebih besar dari normal hingga 12 cm.

Itulah penjelasan mengenai jenis ikan cupang. Apakah detikers tertarik memelihara ikan cupang?



Simak Video "Masak Masak: Resep Ikan Gurame Krispi Kuah Acar Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia