Berawal dari Kulit Bawang, Siswa MAN 4 Kebumen Sabet Medali Internasional

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Rabu, 27 Okt 2021 17:00 WIB
MAN 4 Kebumen Juara IAYSF 2021
Foto: Dok. Kemenag/Berawal dari Kulit Bawang, Siswa MAN 4 Kebumen Sabet Medali Internasional
Jakarta - Kabar gembira datang dari 5 siswa MAN 4 Kebumen yang berhasil membawa pulang medali perang dalam ajang kompetisi sains internasional International Avicenna Youth Science Fair (IAYSF) 2021 di Taheran, Iran, (23/10/2021). Semuanya berawal dari riset kulit bawang merah dan biji bengkoang yang dilakukan mereka.

Kelima siswa tersebut tergabung dalam keanggotaan tim Karya Ilmiah Remaja (KIR) di madrasahnya. Mereka adalah Nada Aristawidya Putri, Khanifah, Maura Ros Valentina, Sulastri, dan Insan Safitri.

Ketua Tim KIR MAN 4 Kebumen bidang Biologi Teguh Yulianto mengungkapkan alasan di balik penelitian kulit bawang merah dan biji bengkoang tersebut. Umumnya, banyak kulit bawang merah dan biji bengkoang yang berakhir menjadi sampah.

Namun, berdasarkan penuturan Teguh, mereka mencoba untuk meneliti kandungan keduanya. Hasilnya, baik kulit bawang merah maupun biji bengkoang memiliki khasiat sebagai pembasmi hama.

"Di kegiatan ini kami meneliti kulit bawang merah dan biji bengkoang. Selama ini dua bahan itu dianggap tidak berguna. Tapi setelah kami teliti, ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembasmi hama, khususnya hama kutu kebul," kata Teguh, seperti yang dikutip dari situs Kemenag, Rabu (27/10/2021).

Selain tim dari bidang biologi yang meneliti kulit bawang merah dan bengkoang, tim KIR MAN 4 Kebumen juga mengirim perwakilan untuk bidang sosial humaniora untuk kompetisi sains dunia IAYSF 2021. Fokus penelitian mereka adalah masalah regenerasi petani di Kecamatan Sempor.

Mendapati kabar bahagia dari siswa bimbingannya, kepala MAN 4 Kebumen Muhamad Siswanto mengapresiasi prestasi internasional yang diraih mereka. Menurutnya, prestasi tersebut adalah prestasi kedua dalam skala internasional bagi MAN 4 Kebumen.

"Prestasi internasional ini merupakan yang kedua di MAN 4 Kebumen dan ini meneguhkan jati diri kita sebagai madrasah yang sudah mula go internasional," kata Siswanto.

Diketahui, pada April 2021 lau, siswa MAN 4 Kebumen juga berhasil meraih penghargaan dalam ajang Malaysia Internasional Young Scientists Conference and Exhibition (MYSCE) 2021.

Wakil Kepala MAN 4 Kebumen bidang Kurikulum Indra Yunan Yunianto dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa hingga bulan Oktober 2021, prestasi yang berhasil diukir oleh siswa MAN 4 Kebumen sudah mencapai lebih dari 200-an prestasi. Mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat internasional.

"Sampai dengan bulan ini, Oktober 2021, MAN 4 Kebumen sudah mendapatkan lebih dari 200-an prestasi pada beberapa event kompetisi, baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional," papar Indra.

Wah, kita ucapkan selamat untuk mereka yuk, detikers!

Simak Video "Melihat Madrasah di Afghanistan di Bawah Kepemimpinan Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia