5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Mahasiswa Ketika Lanjut Kuliah S2

Fahri Zulfikar - detikEdu
Sabtu, 23 Okt 2021 17:50 WIB
Lulus Kuliah
Foto: Getty Images/iStockphoto/Rattankun Thongbun
Jakarta - Mahasiswa punya rencana ingin lanjut kuliah S2? Ada baiknya mulai memperhatikan hal-hal penting sebelum mendaftar, ya.

Memiliki pengalaman belajar hingga magister atau S2 merupakan kesempatan berharga bagi setiap mahasiswa. Apalagi jika bisa memberi manfaat di bidang yang ingin dipelajari.

Kematangan karakter dan pengetahuan yang didapat tidak hanya siap untuk menghadapi dunia kerja tetapi juga siap untuk terjun dan berperan ke tengah-tengah masyarakat.

Maka dari itu, penting bagi mahasiswa untuk memperhatikan 5 hal penting ketika akan lanjut kuliah S2. Apa saja? Berikut ulasannya dikutip dari laman resmi Universitas Bina Nusantara (Binus).


5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Mahasiswa Ketika Lanjut S2:


1. Tujuan Melanjutkan Kuliah S2

Pertama, setiap mahasiswa harus memastikan apa tujuan lanjut kuliah S2. Tujuan merupakan hasil yang ingin dicapai oleh seseorang dengan disertai perencanaan dan komitmen. Tanpa tujuan, kerja keras kamu belum tentu memberikan hasil sesuai harapan.

Sebagai contoh, kamu ingin melanjutkan kuliah S2 usai wisuda S1 karena mengikuti tren di kampus saat itu. Setelah kuliah S2 berjalan, semangat untuk sekadar mendengar dosen di kelas perlahan memudar. Kamu juga tidak mampu menyelesaikan tugas-tugas dari dosen.

Jika hal itu terjadi, artinya seseorang sudah kehilangan arah. Penyebab utamanya satu, ia tidak memiliki tujuan yang mampu memotivasinya untuk bertahan.


2. Kemampuan Finansial

Setelah menemukan tujuan studi S2, kamu harus mengukur keuangan yang dimiliki. Pastikan, kamu memiliki cukup dana untuk mengantarkan hingga menjadi menyandang gelar magister.

Namun jika tidak ada biaya yang cukup, kamu tidak perlu khawatir karena saat ini banyak beasiswa kuliah S2 dari berbagai lembaga yang bisa kamu coba. Bahkan beberapa lembaga bisa membiayai kamu kuliah hingga lulus, lho.

Untuk jalur beasiswa, kamu mesti menunjukkan kualitas diri dan prestasi selama kuliah di jenjang S1. Jadi persiapkan sejak jenjang S1 ya apabila kamu ingin mendapatkan beasiswa S2.


3. Menentukan Jurusan yang Menunjang Karier

Apakah kamu pernah salah jurusan ketika kuliah S1? Kalau pernah, pastikan tidak mengulangi hal itu lagi saat di jenjang S2. Karena itu, pilihlah jurusan kuliah yang sesuai dengan passion dan impian kamu.

Sebagai contoh, kamu ingin menjadi developer software mahir dan profesional. Berarti, jurusan yang harus diambil adalah Teknologi Informasi atau Manajemen Sistem Informasi.


4. Waktu yang Dimiliki untuk Fokus Kuliah S2

Berbeda dengan jenjang S1, jika kamu berkesempatan kuliah S2 kamu harus menentukan waktu yang cukup banyak untuk fokus belajar.

Jika kamu sudah bekerja, pastikan sanggup untuk membagi kesempatan antara menyelesaikan tugas kuliah dan pekerjaan. Sedangkan bagi yang sudah berumah tangga, pertimbangkan juga waktu luang untuk keluarga. Upayakan kamu tetap bisa mengerjakan tugas kuliah secara maksimal tanpa mengganggu quality time bersama keluarga.

Adapun bagi mahasiswa yang tidak bekerja dan memiliki kesibukan rumah, kamu bisa bekerja sampingan atau mengikuti banyak kelas-kelas yang dapat meningkatkan skill individu.


5. Target Menuntaskan Kuliah S2

Selain harus fokus, kamu juga arus menentukan kapan kamu akan lulus S2 sejak awal. Kamu perlu membuat kerangka untuk mencatat kapan kamu akan mulai penelitian dan kapan harus menghadapi ujian kelulusan.

Hal itu perlu dilakukan karena selama kuliah S2, kamu bisa jadi mengalami beberapa masalah yang mengusik konsentrasi. Ada kalanya, masalah itu-mungkin-membuat semangat berkurang dan hati tidak tenang.

Jadi, sejak awal ingin kuliah S2 kamu harus membangun komitmen untuk menyelesaikan kuliah S2 sesuai target. Cara menguatkan komitmen, yakni dengan mengingat tujuan kuliah S2 dan perjuangan kamu dalam meraihnya.

Nah itulah 5 hal yang harus diperhatikan mahasiswa ketika akan lanjut kuliah S2. Semoga bermanfaat ya detikers!



Simak Video "Fleksibilitas Universitas Terbuka Membawa Mahasiswanya Berprestasi"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia