Cerita Nadiem Makarim Tidur di Kamar Pendiri NU Hasyim Asyari

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 23 Okt 2021 12:00 WIB
Nadiem Makarim di Tebuireng
Nadiem Makarim di Ponpes Tebuireng, Jombang (Foto: dok. Kemendikbudristek)
Jakarta - Menteri Pendidikan, Kebudayaan Nadiem Makarim mengunjungi sejumlah pondok pesantren di Jawa Timur usai Dialog Merdeka Belajar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Kamis (21/10/2021).

Pondok Pesantren Tebuireng di Kabupaten Jombang, Pondok Pesantren Lirboyo dan Pondok Pesantren Al Falah di Kediri kedatangan Nadiem dalam kunjungan tersebut.

Nadiem mengatakan, kunjungan kerjanya tersebut menjadi bagian ia belajar bagaimana pondok pesantren menjadi sarana mencipta karakter SDM unggul.

"Saya ingin belajar dan mendengar langsung bagaimana pondok pesantren merupakan sarana untuk menciptakan karakter SDM unggul. Karena tanggal 22 Oktober adalah Hari Santri Nasional, maka tepat jika saya berkunjung ke pesantren-pesantren di Jawa Timur yang menjadi penggerak pendidikan dan pembentukan karakter generasi masa depan," kata Nadiem dalam keterangan tertulis di Jombang, Kamis (21/10/2021).

Di samping kunjungan ke pondok pesantren, Nadiem juga meninjau Museum Islam Indonesia Hasyim Asyari (MINHA) yang menampilkan berbagai koleksi dengan narasi penyebaran Islam di nusantara. Ia juga mengunjungi SMK Plus Khoiriyah Hasyim, sekolah dengan siswa sekaligus santri yang berjurusan Multimedia dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

"Kunker ke Jatim ini luar biasa buat saya. Ada perjalanan sejarah dan juga melihat masa depan. Benar-benar memotivasi diri saya dan memberikan masukan berharga bagi pengembangan Merdeka Belajar," kata Nadiem.

Nadiem juga berziarah ke makam KH. Hasyim Asyari, KH. Wahid Hasyim, dan KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang merupakan Presiden ke-4 Republik Indonesia, serta KH. Solahudin Wahid atau Gus Solah, dan keluarga Tebuireng.

Nadiem juga diizinkan menginap di kamar KH. Hasyim Asyari, Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. Sebagai informasi, dalam kunjungan ke Pesantren Tebuireng, Nadiem diterima oleh Pimpinan Pesantren Tebuireng KH. Abdul Hakim Mahfudz, Lelly Lailiyah, istri almarhum Gus Solah Faridah Solahudin Wahid, dan Bupati Jombang Mundjidah Wahab Hasbullah.

"Mas Menteri menginap di kamar Mbah Hasyim Asyari di Pondok Tebuireng. Alhamdulillah beliau mau nginap di pondok, agar tahu suasana, kondisi, dan kehidupan pesantren," kata KH. Abdul Halim Mahfudz yang akrab disapa Gus Iim, salah seorang cicit KH. Hasyim Asyari.

Sementara itu, Nadiem Makarim menghaturkan terima kasih atas kesempatannya menempati kamar KH. Hasyim Asyari kakek Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur

"Malam terakhir kunker ke Jawa Timur, saya lagi di Jombang. Sekarang saya menginap di Pondok Pesantren Tebu Ireng. Terima kasih banyak Gus Kikin (Kiai Haji Abdul Hakim Mahfudz) kepala pengurus pondok pesantren yang memperbolehkan saya, sebuah kehormatan untuk bisa tinggal di kamar Mbah Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama," kata Nadiem dalam reels Instagram pribadinya, @nadiemmakarim, Jumat (22/10/2021).



Simak Video "Sumpah Pemuda, Nadiem: Mengejar Ketertinggalan Saja Tak Cukup"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia