Ford Foundation Gelar Ford Global Fellows 2021, Ada Peserta Terpilih dari Indonesia

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 21 Okt 2021 20:30 WIB
Peserta Indonesia terpilih Ford Global Fellows 2021
Foto: Screenshoot fordfoundation.org
Jakarta - Ford Foundation kembali menggelar program Ford Global Fellows 2021. Program global ini diinisiasi di New York, Amerika Serikat, dengan tujuan mengidentifikasi, menghubungkan, dan mendukung visi misi para pemimpin yang berorientasi keadilan sosial.


Ford Foundation merupakan organisasi filantropi independen pemberi dana hibah. Selama lebih dari enam dekade, Ford Foundation di Indonesia telah bekerja dengan berbagai individu dan organisasi progresif yang berada di garis depan perubahan sosial.


Misinya adalah memperkuat nilai-nilai demokrasi, mengurangi kemiskinan dan ketidakadilan, mempromosikan kerja sama internasional, dan memajukan pencapaian manusia.


"Ford Global Fellows mendorong peserta untuk menumbuhkan keterampilan kepemimpinan bersama dengan upaya untuk membantu satu sama lain, dan menjangkau audiens yang mungkin belum mereka jangkau, termasuk di sektor filantropi," jelas Alexander Irwan, Regional Director Ford Foundation Jakarta.


Bagi peserta penerima program ini, nantinya akan menerima tunjangan sebesar USD $25.000 atau setara 353 Juta Rupiah (kurs 14.000) untuk mendukung keberhasilan program mereka dalam mengatasi ketimpangan.


Peserta meningkat


Tahun ini, Ford Global Fellows menerima 48 orang terpilih. Angka tersebut mengalami peningkatan dua kali lipat dari jumlah peserta tahun sebelumnya.


Peningkatan jumlah peserta ini merupakan hasil dari respon Ford Foundation dalam menanggulangi berbagai ketimpangan yang semakin kentara akibat pandemi COVID-19.


Mulai dari ketimpangan akses vaksin, ketidakpastian pekerjaan, perubahan iklim, menyempitnya ruang gerak masyarakat sipil, hingga ketimpangan ras dan gender di berbagai wilayah.


"Kami mengembangkan dan memperluas program Ford Global Fellows secara lebih cepat karena momen krisis ini membutuhkan komitmen yang lebih berani untuk menciptakan masa depan yang lebih adil dan berkesetaraan," kata Adria Goodson, Direktur Ford Global Fellowship.


Sebagai respon terhadap situasi krisis ini, sebanyak 24 peserta Ford Global Fellows tahun lalu akan memperpanjang masa partisipasi dan bergabung bersama 48 peserta Ford Global Fellows tahun ini.


Sehingga, secara total, sebanyak 72 peserta Ford Global Fellows dari berbagai negara akan membangun satu jaringan komunitas di bidang keadilan sosial yang lebih luas, lebih kuat, sekaligus mampu mendorong terlaksananya ide dan solusi untuk berbagai masalah, melalui berbagai rintangan dalam berbagai sektor, dan situasi.


"Para peserta Ford Global Fellows terpilih hadir sebagai pemimpin yang mengambil pengalaman hidup mereka dalam menjawab tantangan ketimpangan." ujar Alexander Irwan menambahkan.


Peserta dari Indonesia


Sementara itu pada tahun ini, dari total seluruh peserta, terdapat enam orang fellow terpilih dari Indonesia dan turut menjadi bagian Ford Global Fellows.


Enam peserta tersebut adalah Aisyah Ardani, Dicky Senda, Aristofani Fahmi, Dhyta Caturani, Devi Anggraini, dan Sely Martini.


Bersama dengan aktivis pejuang kesetaraan dari berbagai negara, keenam peserta dari Indonesia akan berbagi pengalaman mereka dalam mengatasi ketimpangan.


Mulai dari situasi dan tantangan yang ada di masing-masing komunitas, hingga solusi inovatif yang mereka temukan.

Simak Video "Ford Bronco Terdaftar di RI, Ini Bocoran Harganya"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia