Keren! Mahasiswa Undip Ini jadi Dirut Bank Mandiri Selama Sehari

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 19 Okt 2021 18:30 WIB
Mahasiswa Undip Jadi Dirut Bank Mandiri
Foto: Undip
Jakarta -

Kabar prestasi terdengar dari Universitas Diponegoro (Undip), salah satu mahasiswanya yaitu Adinda Zeniar berhasil terpilih oleh Menteri BUMN, Erick Thorir, sebagai Direktur Utama Bank Mandiri selama sehari.

Sebelum terpilih menjadi Dirut sehari Bank Mandiri, Adinda merupakan mahasiswa yang aktif dalam berbagai kegiatan kampus. Ia juga aktif dalam kegiatan sosial.

Adinda sendiri merupakan mahasiswi prodi Informatika. Sebelum terpilih Adinda berhasil menyingkirkan lawannya sebanyak 7000 pendaftar. Ia juga harus melewati berbagai tahapan seleksi seperti seleksi administrasi dan tes tulis online, Girls Leadership Class, seleksi video, dan interview final.

Selama satu hari tersebutlah Adinda harus menggantikan Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi. Ia melaksanakan berbagai kegiatan seperti penandatanganan kerjasama, memimpin rapat pimpinan, dan kunjungan lapangan.

Adinda juga melakukan kunjungan lapangan dan memberikan masukan atas situasi yang diobservasinya.

"Saat ini yang sedang tren di era digitalisasi adalah bank digital. Karena itu, saya minta Adinda men-take over posisi Dirut Bank Mandiri dan nanti laporkan ke saya bagaimana transisi digital di Bank Mandiri," ujar Erick Thohir yang dikutip dari laman Undip, Selasa (19/10/2021).

Tidak hanya itu, Adinda juga berdiskusi dengan Darmawan perihal meningkatkan kepemimpinan yang setara di lingkungan Bank Mandiri.

Menurut Adinda, hal tersebut merupakan suatu tantangan karena keterlibatan perempuan di bidang Informatika masih sangat sedikit.

"Kami belajar langsung dengan pemimpin-pemimpin perempuan di berbagai BUMN, Plan Indonesia, dan juga mentor lainnya yang ahli di bidang kesetaraan gender dan juga komunikasi publik. Dalam proses pembelajaran di kelas selama 4 hari, kami juga ditantang membuat video kampanye pentingnya kesetaraan gender dan kepemimpinan perempuan", ungkap Adinda.

Ia juga menambahkan sebelum terjun sebagai Dirut Bank Mandiri, dirinya mengikuti pembekalan yang diberikan oleh Erick Thohir.

"Jadi, sebelum kami take over, kami sudah melihat secara langsung bagaimana mereka memimpin", ujar Adinda.

Adapun, rektor Undip Yos Johan Utama mengapresiasi atas terpilihnya Adinda dalam program menjadi pimpinan BUMN.

"Saya tentu merasa bangga atas prestasi ini dan selamat atas kesempatan yang diraih ini," ungkap Yos.

Menurut Yos, mahasiswa Undip tidak hanya dituntut prestasi dalam hal akademis saja melainkan juga prestasi di bidang lainnya.

"Undip terus mendorong mahasiswanya untuk berprestasi dalam berbagai hal, sehingga memberikan nilai positif bagi masyarakat dan bangsa Indonesia," tambah Yos.



Simak Video "Pengakuan Mahasiswa yang 'Di-SmackDown' Polisi: Agak Sedikit Pegal-pegal"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia