Mien R Uno Kenalkan "Total Image" untuk Generasi Muda yang Ingin Jadi Wirausahawan

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 19 Okt 2021 15:00 WIB
Jakarta - Mien R Uno, Ibu Sandiaga Uno baru saja diberi gelar kehormatan (doktor honoris causa) bidang kewirausahaan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).


Dalam pidato ilmiahnya Mien Uno turut menjelaskan pentingnya Total Image yang harus dimiliki wirausahawan muda. Hal itu juga dipaparkan kembali saat Virtual Press Conference Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) Mien R. Uno via zoom, Selasa 19 Oktober 2021.


Menurut Mien Uno, yang dimaksud Total Image itu ada 3 variabel yakni behaviour, brain, dan be healthy.


"Total image ada tiga variabel, behaviour, brain, be healthy. Tiga variabel ini belum pernah ada di manapun saya sudah pernah riset. Banyak ahli hanya punya dua, tiga belum ada. Maka dari itu saya agak memaksa ingin menawarkan bahwa dengan totalitas diri kita, integritas diri yang membuat karakter menjadi bagian dari pribadi SDM Indonesia," jelasnya via Zoom.


Lantas apa penjelasan dari behaviour, brain, be healthy?


1. Behaviour


Mien Uno mendefinisikan variabel behaviour pada Total Image sebagai sikap yang positif, proaktif, pengenalan tentang kekuatan, dan kelemahan diri serta pemahaman tentang toleransi/kepekaan, etika, dan integritas.


Menurutnya, wirausahawan muda harus menanamkan nilai-nilai unggul yang dibarengi dengan behaviour ini.


2. Brain


Brain berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan dan kemajuan zaman. Pada variabel kedua Total Image ini wirausahawan muda harus memiliki wawasan luas baik dengan banyak membaca buku, banyak bertukar pikiran, menghadiri pertemuan maupun seminar.


"Setiap orang harus memiliki potensi diri yang harus terus menerus diasah dan dikembangkan sesuai dengan situasi zaman agar mampu berjalan keluar menghadapi masalah, tantangan, atau persaingan global yang muncul," paparnya.


Dalam hal ini, menurut Mien kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat diperlukan namun tidak boleh melupakan variabel pertama.


"Tentu saja harus diasah melalui kemajuan teknologi yakni melalui brain. Tetapi brain teknologi harus dipagari oleh etika, moral, dan susila dan agama," paparnya.


3. Be healthy


Salah satu hal penting yang harus dimiliki wirausahawan muda terdapat pada variabel ketiga yang meliputi kesehatan, kebersihan, kerapian, dan voice expression.


Ibu Sandiaga Uno menjelaskan bahwa orang harus bisa memperlihatkan diri di lingkungan dengan kepercayaan diri atas kemampuan yang dimiliki. Hal itu diperlukan untuk memberi kesan yang positif di setiap lingkungan.

(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia