5 Peristiwa Pelajar Bawa Granat ke Sekolah, Jangan Ditiru Ya!

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 15 Okt 2021 18:30 WIB
People puts flowers outside a school after a deadly attack on Saturday, in Kabul, Afghanistan, Sunday, May 9, 2021. The Interior Ministry said Sunday that the death toll in the horrific bombing at the entrance to the girls school in the Afghan capital has soared to some 50 people, many of them pupils between 11 and 15 years old, and the number of wounded in Saturdays attack has also climbed to more than 100. (AP Photo/Mariam Zuhaib)
Peristiwa bom meledak d dekat sekolah di Afghanistan menyebabkan 50 orang meninggal pada 9 Mei 2021. Foto: AP/Mariam Zuhaib
Jakarta - Granat merupakan salah satu barang yang dapat meledak dan hanya dimiliki oleh pihak berwajib dan bertanggung jawab, seperti kepolisian. Tetapi rupanya, ada beberapa kisah pelajar bawa granat ke sekolah, sehingga membahayakan teman-teman dan guru.

Beberapa jenis granat digunakan sebagai granat persinyalan, pemberitahuan target, granat air mata, granat kejut, dan granat pembakaran. Kendati memiliki beragam fungsi, sifatnya yang dapat meledak berbahaya jika dibawa ke tempat umum seperti sekolah, sehingga jangan dilakukan ya, detikers.

Peristiwa Pelajar Bawa Granat

Pelajar Bawa Granat Militer ke Sekolah

Seorang siswa membawa granat tangan tua ke sekolah untuk mata pelajaran Sejarah di Chesterfield, Derbyshire, UK, Rabu (13/10/2021). Dikutip dari BBC News, pihak sekolah langsung mengosongkan area sekolah dari siswa dan staf setelah mengontak tim pengelola bom militer. Setelah diteliti, granat tersebut untungnya sudah dinonaktifkan.

Siswa SMP Bawa Granat Latihan Militer Masa Perang Vietnam

Siswa SMP di Oklahoma, AS membawa granat senapan (rifle grenade) ke sekolah, Kamis (9/9/2021). Dikutip dari Oklahoma's News 4, siswa tersebut mengaku ingin menanyakan perihal barang tersebut lebih jauh ke ke guru sejarahnya sambil memperlihatkan pada teman sekolah.

Seorang siswa lain melaporkan barang bawaan temannya tersebut ke pihak sekolah yang kemudian mengontak polisi. Petugas polisi Anthony Gibbs mengatakan, kendati inert atau tidak berfungsi, petugas menangani temuan tersebut seperti granat aktif lainnya.

"Jangan sentuh senjata api. Jangan sentuh benda yang mudah diraih tapi bisa melukai kamu. Telepon kami. Biarkan kami mengecek apakah benda tersebut benar-benar berfungsi, sehingga tidak ada yang celaka," kata Gibb.

Pelajar Bawa Granat Peninggalan Perang Dunia II

Siswa SD di Texas, AS membawa granat peninggalan Perang Dunia II yang sudah tidak berfungsi ke sekolah, Rabu (23/12/2020). Dikutip dari ABC News, teman siswa tersebut melapor ke staf sekolah setelah ia diberitahu anak pembawa granat, "Aku punya sesuatu yang rapuh di tas punggungku," dan "Aku punya bom."

Pihak sekolah lalu menghubungi polisi distrik yang kemudian menyita bom relikui Perang Dunia II tersebut. Kepala sekolah lalu mengirim surat untuk orang tua untuk memantau barang bawaan anak agar tidak terjadi hal-hal membahayakan.

Siswa PAUD Bawa Granat Latihan Militer

Siswa pre-school atau PAUD di Swedia membawa granat yang ditemukannya di sekitar area latihan militer, Rabu (25/9/2019). Anak tersebut berniat untuk memperlihatkan temuannya ke teman sekelasnya. Dikutip dari AFP, guru PAUD tersebut langsung mengontak polisi setelah melihat bawaan sang siswa.

Petugas polisi mendapati granat yang diambil dari Rinkaby Firing Range tersebut berbahaya. National Bomb Squad kemudian diturunkan untuk menetralisir amunisi granat di PAUD tersebut. "Kami tidak tahu berapa besar kehancuran yang akan terjadi jika granat tersebut meledak," kata juru bicara kepolisian setempat.

Siswa SMP Diamankan Setelah Bawa Granat ke Loker

Siswa SMP di Michigan, AS diamankan setelah membawa granat nonaktif ke sekolah dan memberi pernyataan mengancam pada siswa lainnya, Kamis (1/3/2018). Dikutip dari Detroit Free Press, siswa tersebut lalu dibawa ke pusat detensi setelah pihak sekolah dan kepolisian mendapati granat tersebut di dalam loker siswa.

Nah, sudah tahu ya detikers, bagaimana akibatnya jika pelajar bawa granat ke sekolah. Laporkan ke pihak sekolah jika temanmu bawa granat atau senjata api lain ke sekolah, ya.

Simak Video "Momen Pemusnahan 13.000 Senjata Api di Chili"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia