Prestasi Terbaru Sri Mulyani, Lulusan UI yang Raih Sederet Penghargaan

Kristina - detikEdu
Rabu, 13 Okt 2021 13:00 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono/Prestasi Terbaru Sri Mulyani, Lulusan UI yang Raih Sederet Penghargaan
Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani kembali meraih penghargaan internasional, Senin (11/10/2021). Penghargaan tersebut menambah daftar panjang prestasi yang diraih lulusan Universitas Indonesia (UI) ini selama menjabat sebagai menteri.

Penghargaan terbaru yang diraih Sri Mulyani diberikan di sela kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Mantan Pelaksana Direktur Bank Dunia ini memperoleh penghargaan Distinguished Leadership and Service Award pada pertemuan tahunan anggota The Institute of International Finance (IIF) di Washington, D.C pada 11 Oktober 2021.

Melansir Instagram Kementerian Keuangan @kemenkeuri, Rabu (13/10/2021), penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi luar biasa konsisten pada kesehatan ekonomi global dan sistem keuangan dengan kepemimpinan yang dilakukan.

"Menkeu @smindrawati mendapatkan Penghargaan Kepemimpinan dan Layanan pada pertemuan tahunan anggota The Institute of International Finance (IIF) di Washington, D.C pada 11 Oktober 2021. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan kepada individu atas kontribusi yang luar biasa secara konsisten pada kesehatan ekonomi global dan sistem keuangan dengan kepemimpinannya," tulis akun @kemenkeuri.

Menkeu RI yang memiliki nama lengkap Sri Mulyani Indrawati ini telah beberapa kali menerima penghargaan internasional. Pada tahun lalu ia berhasil menyabet gelar Finance Minister of the Year for East Asia Pacific tahun 2020 oleh Majalah Global Markets dan juga masuk dalam deretan The World's 100 Most Powerful Women 2020 yang dirilis Forbes.

Profil Sri Mulyani

Sri Mulyani merupakan putri asal Tanjung Karang, Lampung. Melansir laman Kemenkeu, ia menempuh studi S1 di UI dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1986. Ia kemudian melanjutkan studinya di University of Illinois at Urbana Champaign, Amerika Serikat dan mendapatkan gelar Master of Science of Policy Economics. Pada tahun 1992, Sri Mulyani mendapatkan gelar Ph.D in Economics.

Pada November 2002, spesialis penelitian keuangan publik, kebijakan fiskal, dan ekonomi tenaga kerja ini terpilih menjadi Executive Director pada International Monetary Fund (IMF) mewakili 12 negara di Asia Tenggara (South East Asia/SEA Group).

Tepat pada 21 Oktober 2004, Sri Mulyani mendapatkan tugas pertamanya di Kabinet sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Selanjutnya, pada tanggal 5 Desember 2005, dia dilantik sebagai Menteri Keuangan oleh Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada tahun 2008, Sri Mulyani menjabat sebagai Pelaksana Tugas Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian setelah Menko Perekonomian Dr. Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia. Kemudian, pada 1 Juni 2010 dia menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Pada tanggal 27 Juli 2016, Sri Mulyani kembali ke Tanah Air dan dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja. Ia kembali dipercaya menjadi menteri yang sama pada periode kedua pemerintahan Jokowi.

Prestasi Sri Mulyani

Selama menjadi Menteri Keuangan, Sri Mulyani disebut banyak menorehkan prestasi, di antaranya menstabilkan ekonomi makro, mempertahankan kebijakan fiskal yang prudent, menurunkan biaya pinjaman dan mengelola utang serta memberi kepercayaan pada investor.

Berikut penghargaan yang diraih Menkeu Sri Mulyani:

1. Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets Forum pada 18 September 2006 di IMF-World Bank Group Annual Meetings di Singapura.

2. Wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.

3. Wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008.

4. Menteri Keuangan terbaik untuk tahun 2006 oleh majalah Euromoney.

5. Best Minister in the World pada World Government Summit di Dubai, Februari 2018.

6. Finance Minister of the Year - East Asia Pacific oleh Global Markets pada Oktober 2018 saat berlangsungnya IMF-World Bank Group Annual Meetings di Bali.

7. Menteri keuangan terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan FinanceAsia tahun 2019. Penghargaan ini diperoleh tiga tahun berturut-turut setelah sebelumnya diperoleh pada tahun 2017 dan 2018.

8. Finance Minister of the Year for East Asia Pacific tahun 2020 oleh Majalah Global Markets, sebagai penghargaan atas upaya penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

9. The World's 100 Most Powerful Women 2020 yang dirilis Forbes dan menduduki posisi ke-78.

10. Terbaru, prestasi Menkeu Sri Mulyani adalah Distinguished Leadership and Service Award yang diberikan dalam pertemuan tahunan anggota The Institute of International Finance (IIF) di Washington, D.C pada 11 Oktober 2021.

Simak Video "Sri Mulyani Kembali Sabet Gelar Penghargaan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia