Lowongan Kerja di HYBE, JYP, SM Entertainment & Gajinya

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 13 Okt 2021 10:37 WIB
SM Entertainment Square
Foto: (dok. SM Entertainment)/Lowongan Kerja di HYBE, JYP, SM Entertainment & Gajinya
Jakarta -

Kabar baik bagi para KPopers, lowongan kerja agensi-agensi dunia hiburan Korea Selatan semakin terbuka lebar. Seiring berkembangnya berbagai agensi idola di Negeri Ginseng tersebut, kebutuhan tenaga kerja yang lebih banyak pun tak terelakkan.

Sebagai contoh, HYBE, rumah bagi grup BTS, kini membuka peluang kerja untuk 60 posisi. Dikutip dari Korea Times., perusahaan tersebut pada tahun ini mempunyai 456 karyawan dengan kenaikan 73 orang dibanding tahun 2017.

CEO Conexus Lab Lee Sang Hwan mengungkapkan, ekspansi berbagai perusahaan hiburan Korea ke luar negeri menyebabkan kesempatan untuk warga negara asing melamar kerja di sana juga bertambah.

Conexus Lab merupakan perusahaan yang menyediakan sumber pembelajaran bagi mereka yang mencari pekerjaan di dunia K-pop. Perusahaan ini didirikan pada 2019. Sang CEO, Lee Sang Hwan telah bekerja dengan pihak HRD di berbagai industri hiburan

"Jumlah karyawan asing di label K-pop bertambah belakangan ini dan kemungkinan akan terus meningkat," kata Lee, dikutip dari Korea Times pada Rabu (13/10/2021).

Dirinya menambahkan, JYP entertainment yang menaungi TWICE dan Stray Kids baru-baru ini mengunggah lowongan kerja eksklusif di Jepang untuk anak perusahaan mereka. Sementara, SM entertainment yang mencetak Girl's Generation hingga NCT menyatakan warga negara nonKorea juga memenuhi syarat untuk melamar dalam rekrutmen mereka.

Menurut Lee Sang Hwan label tersebut bahkan mungkin akan menulis iklan pekerjaan hanya untuk warga asing di tahun-tahun mendatang. Sejumlah pekerjaan yang ditangani oleh karyawan luar negeri saat ini adalah manajemen artis serta pemasaran & bisnis luar negeri. Mereka dinilai punya kemahiran berbagai bahasa serta pemahaman terkait budaya.

Apa yang perlu disiapkan untuk melamar di HYBE, JYP, dan SM entertainment?

Lee menegaskan, warga negara asing perlu berhadapan langsung dengan orang Korea. Pelamar wajib menulis resume dan cover letter dalam bahasa Korea.

Tak hanya itu, kualifikasi mendasar juga harus dipenuhi. Misalkan, jika seseorang melamar untuk posisi marketing, maka yang bersangkutan perlu menguasai Google Analytics dan sejumlah kemampuan Photoshop. Artinya, kualifikasi yang dibutuhkan sama dengan pelamar asal Korea.

Di perusahaannya sendiri, Conexus Lab memiliki program baru bagi para pelamar luar negeri ini. Mereka menawarkan materi belajar untuk para penutur nonKorea yang ingin bekerja di label hiburan Negeri Kimchi.

Seluruh pengajar di dalamnya memiliki pengalaman kerja di dunia K-pop dan merupakan karyawan atau mantan karyawan perusahaan papan atas seperti JYP. Terlepas pintu prospek yang semakin melebar, Lee Sang Hwan memiliki catatan mengenai lowongan kerja di agensi hiburan Korea.

Label-label di sana sebagian besar berkesan rahasia karena kerahasiaan memang seringkali menjadi kunci manajemen. Sejauh ini, menurutnya perusahaan-perusahaan tersebut belum aktif menyusun strategi pemasaran rekrutmen karena kultur kerahasiaan ini.

Akibatnya, hal tersebut menghambat peminat lowongan kerja mencari tahu apakah mereka cocok dengan posisi yang dibutuhkan dan menghambat mereka memperoleh informasi yang diperlukan. Bagi Lee, industri K-pop belum cukup matang dalam hal manajemen sumber daya manusia.

Cek gaji agensi Korea termasuk HYBE, JYP, dan SM entertainment di halaman berikutnya >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia