Catat! Ini Daftar Sekolah Kedinasan yang Aktif Buka Pendaftaran Tiap Tahun

Kristina - detikEdu
Selasa, 05 Okt 2021 09:30 WIB
Kampus PKN STAN
Foto: Pinterst
Jakarta - Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 telah ditutup. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk melihat daftar Sekolah Kedinasan yang rajin membuka penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya.

Sekolah Kedinasan atau yang sering dikenal dengan sekolah ikatan dinas adalah perguruan tinggi kedinasan yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan.

Instansi yang aktif membuka pendaftaran pada tahun 2021 adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), BIN (Badan Intelijen Negara), BPS (Badan Pusat Statistik), BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) dan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara).

Daftar Sekolah Kedinasan

Dilansir dari laman dikdin.bkn.go.id, berikut daftar Sekolah Kedinasan yang aktif membuka pendaftaran:

1. STIN

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) merupakan Sekolah Kedinasan yang berada di bawah BIN. Sekolah yang terletak di Bogor ini membuka formasi sebanyak 250 orang.

2. STMKG

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) adalah Sekolah Kedinasan yang berada di bawah naungan BMKG. Terdapat empat jurusan yang dibuka dengan total kuota sebanyak 265 orang, yakni Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi-MKG.

3. STIS

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan Sekolah Kedinasan yang berada di babawah BPS. Peserta yang mendaftar di sini akan mempelajari ilmu statistik dan ilmu matematika. Sekolah ikatan dinas ini membuka kuota sebanyak 600 orang di tahun 2021.

4. Poltek SSN

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) berada dibawah naungan BSSN. Lulusan Poltek SSN dapat menjadi CPNS di lingkungan BSSN atau instansi pemerintah lainnya dengan beberapa keahlian tertentu.

5. IPDN

Bagi siswa yang ingin terjun dalam persoalan dalam negeri bisa mencoba sekolah ikatan dinas IPDN. Sekolah yang berada di bawah naungan Kemendagri ini terletak di Sumedang, Jawa Barat dan membuka kuota sebanyak 1.164 orang di tahun 2021.

6. POLTEKIP dan POLTEKIM

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) adalah dua Sekolah Kedinasan yang berada di bawah naungan Kemenkumham. Pada tahun 2021, masing-masing sekolah ini membuka kuota sebanyak 300 orang.

7. PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) merupakan sekolah yang dinaungi oleh Kemenkeu. Nantinya, peserta didik akan ditempatkan di instansi lingkungan Kemenkeu yang membutuhkan aparatur pengelola keuangan negara.

8. STTD

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) merupakan salah satu Sekolah Kedinasan milik Kemenhub. Awalnya sekolah ini bernama Akademi Lalu Lintas namun sejak tahun 2000 berubah menjadi STTD.

Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Pada tahun 2021, pendaftaran Sekolah Kedinasan dilakukan satu pintu melalui portal SSCASN. Sebelumnya, pendaftaran dilakukan melalui situs masing-masing instansi. Berikut informasi alur pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2021:

1. Pelamar mengakses portal SSCASN dialamat https://sscasn.bkn.go.id

2. Membuat akun SSCN Sekolah kedinasan dengan NIK yang telah tervalidasi melalui data Dukcapil kemudian mencetak Kartu Informasi Akun

3. Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

4. Upload swafoto, memilih Sekolah Kedinasan, melengkapi Nilai, upload berkas dan melengkapi biodata. Pelamar hanya diperbolehkan untuk memilih satu Sekolah Kedinasan.

5. Mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran

6. Verifikator Instansi melakukan verifikasi data dan berkas pelamar yang telah masuk

7. Pelamar Log In ke SSCN, mengecek status kelulusan verifikasi administrasi

8. Pelamar mendapatkan kode billing dan melakukan proses pembayaran (bagi pelamar yang lulus verifikasi). Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di sekolah kedinasan terkait

9. Mencetak kartu ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem

10. Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi

11. Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi dapat dilihat di SSCN.

Kuliah di Sekolah Kedinasan tidak akan dipungut biaya alias gratis. Mahasiswa juga akan mendapatkan berbagai fasilitas untuk mendukung perkuliahan. Selain itu, setelah lulus kuliah, akan diangkat menjadi PNS. Bagaimana detikers, tertarik masuk Sekolah Kedinasan?



Simak Video "Momen Menkeu Sri Mulyani Puji Lulusan STAN Ini Perempuan Hebat"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia