Kemenkeu Siapkan Dana Abadi Pendidikan Rp 81,7 T, Ada untuk Beasiswa LPDP

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 30 Sep 2021 14:19 WIB
Ini yang Baru dari Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018
Foto: dok.
Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus mendorong upaya pengembangan kualitas generasi muda masa kini maupun masa depan melalui anggaran Dana Abadi Pendidikan senilai Rp 81,7 T.


Dalam webinar Pembekalan bagi Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) LPDP, Rabu (29/9), Menkeu Sri Mulyani mengatakan, salah satu yang menikmati anggaran tersebut adalah penerima Beasiswa LPDP.


"Saat ini kita (pemerintah) telah memiliki Rp 81,7 triliun (untuk Dana Abadi Pendidikan). Bahkan jika ditambah dari anggaran penelitian, perguruan tinggi dan anggaran abadi bidang kebudayaan, total anggaran sudah mencapai Rp 90 triliun," katanya seperti dikutip detikEdu dari kanal LPDP RI (30/9).


Sri Mulyani mengungkapkan dulu LPDP hanya untuk beasiswa yang mayoritas ke perguruan tinggi di luar negeri serta perguruan tinggi dalam negeri yang dikelola di bawah Kemendikbud Ristek.


Namun sekarang dana tersebut juga digunakan untuk membiayai penelitian termasuk penelitian dalam rangka COVID-19 untuk mendapatkan vaksin hingga program merdeka belajar.


"Kita juga memberikan afirmasi, ada kelompok pesantren, ada juga dari ASN, TNI, POLRI selain dosen," terang Sri Mulyani.

Penerima LPDP 'berutang' pada negara >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia