Login prakerja.go.id, Begini Cara Ikut Pelatihan Kartu Prakerja

Kristina - detikEdu
Senin, 27 Sep 2021 12:00 WIB
Vokraf di Kartu Prakerja
Foto: Vokraf
Jakarta -

Pengumuman seleksi Kartu Prakerja Gelombang 21 sudah dilakukan sejak Rabu (22/9/2021) lalu. Peserta yang lolos wajib mengikuti pelatihan dengan login di www.prakerja.go.id.

Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Program tersebut terbuka bagi warga negara Indonesia (WNI) usia 18 tahun ke atas, termasuk fresh graduate yang sedang mencari kerja. Peserta dapat mengikuti berbagai pelatihan kerja dan memperoleh insentif biaya mencari kerja serta pengisian survei evaluasi.

Cara Mengikuti Pelatihan dengan Kartu Prakerja

Setelah dinyatakan lolos dalam seleksi pendaftaran Kartu Prakerja, peserta wajib mengikuti pelatihan yang tersedia. Saat ini, Prakerja sudah bermitra dengan berbagai platform digital, antara lain Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Kariermu, dan Tokopedia.

Dilansir dari Instagram @prakerja.go.id, berikut langkah untuk mengikuti pelatihan dengan Kartu Prakerja:

1. Login Prakerja melalui www.prakerja.go.id
2. Cek dashboard Prakerja untuk melihat 16 angka Nomor Kartu Prakerja dan memastikan dana pelatihan sudah tersedia.
3. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Kariermu, atau Tokopedia.
4. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu.
5. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja.
6. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima pengumuman yang ada di dashboard. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut.

Untuk diketahui, Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk fisik. detikers dapat menggunakan 16 angka Nomor Kartu Prakerja untuk membeli pelatihan.

Peserta yang telah menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan. Insentif akan diberikan selama 4 bulan.

Setelah mengikuti pelatihan, peserta Prakerja dapat mengisi survei kebekerjaan di situs prakerja.go.id. Caranya, cukup dengan mengisi tiga survei yang diberikan pasca pelatihan. Peserta yang mengikuti survei akan mendapatkan insentif senilai Rp 50 ribu setiap survei.

Nah, jangan lupa login prakerja di prakerja.go.id dan pastikan detikers memilih pelatihan dengan seksama ya!



Simak Video "Mau Daftar Program Kartu Prakerja? Simak Syarat dan Caranya di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia