8 Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Perempuan Hingga Rp 2,27 Miliar

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 24 Sep 2021 11:45 WIB
Jumlah perawat semakin berkurang di tengah meningkatkan kasus Corona di Filipina. Departemen Kesehatan melaporkan kekurangan perawat lebih dari 100.000 orang.
Foto: Getty Images/8 Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Perempuan Hingga Rp 2,27 Miliar.
Jakarta -

Ada 8 pekerjaan dengan gaji tinggi untuk perempuan yang bisa jadi rekomendasi, asal didukung kompetensi mencukupi. Kisaran gaji mencapai hitungan miliar per tahun.

Dikutip dari CNN Indonesia, pendapatan pekerja perempuan hanya 62 persen daripada pekerja laki-laki di tahun 1979. Kesenjangan menyempit sepanjang tahun 80-an dan 90-an, rasio pendapatan perempuan dan laki-laki kini 80 hingga 83 persen.

Peneliti dari University of Chicago Booth School of Business mengatakan bahwa salah satu faktor gaji perempuan lebih kecil adalah karena jurusan kuliah. Mereka menunjukkan, banyak siswa perempuan mengambil program studi sastra atau sejarah seni dan tidak fokus pada sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM).

Namun, bukan berarti perempuan tidak bisa mendapatkan gaji yang tinggi. Berikut ini daftar pekerjaan bergaji tinggi yang bisa dilirik.

8 pekerjaan bergaji tinggi untuk perempuan

1. Perawat anestesi

Menurut situs fiansial GoBankingRates dikutip dari CNN Indonesia, 60 persen dari perawat anestesi adalah perempuan. Perawat anestesi digaji dengan kisaran US$ 160.296 per tahun atau kira-kira Rp 2,27 miliar, dengan kurs Rp 14.200.

Di Amerika Serikat, gaji rata-rata untuk perempuan di pekerjaan ini tiga kali lebih tinggi dibandingkan pendapatan rata-rata pekerja penuh waktu.

2. Apoteker

Setelah perawat anestesi, apoteker menempati posisi kedua dalam hal pekerjaan bergaji tertinggi untuk perempuan. Pendapatan untuk profesi ini adalah senilai US$ 120.173 atau berkisar Rp 1,7 miliar per tahunnya.

Sementara, berdasarkan College Consensus, apoteker mendapatkan bayaran dengan nilai US$98 ribu hingga US$ 126 ribu.

3. Praktisi perawat

Gaji untuk praktisi perawat adalah US$ 100.914 per tahun atau sekitar Rp 1,43 miliar. Di Amerika Serikat, untuk memperoleh gelar master, maka harus mendapatkan lisensi dan lulus ujian sertifikasi nasional. Sehingga wajar jika gaji yang didapatkan nantinya akan setara dengan kualifikasi yang diminta.

Di samping itu, menurut laman College Consensus, gaji praktisi perawat ada di kisaran US$87.464 hingga US$113.390 per tahunnya.

4. Pengacara

College Consensus mengatakan gaji pengacara perempuan adalah antara US$82.680 sampai US$120.910. Para pengacara ini harus menafsirkan hukum dan meneliti preseden hukum.

Dalam pekerjaannya, pengacara menyajikan fakta dan menyiapkan dokumen, menghubungi klien, hakim, petugas penegak hukum, serta kolega. Gaji yang didapatkan akan disesuaikan dengan spesialisasi yang diambil, misalnya spesialisasi hukum keluarga, hukum pidana, pajak dan hukum properti, hukum sekuritas dan hukum lingkungan.

Pekerjaan dengan gaji tinggi untuk perempuan berikutnya klik di sini ya

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia