Membanggakan! Karya Animasi SMK Ini Berhasil Go Internasional

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 22 Sep 2021 20:30 WIB
Proses pembuatan film animasi di SMK RUS Kudus, Selasa (5/1/2021).
Foto: Dian Utoro Aji/detikcom
Jakarta - Kabar membahagiakan datang dari SMK Raden Umar Said (RUS). Hal tersebut dikarenakan, SMK RUS telah berhasil membawa peserta didiknya memperoleh penghargaan dari tingkat nasional hingga internasional.

Prestasi internasional yang dibawa SMK RUS kali ini adalah Garapan film animasi yang berjudul Unristing Your Heart. Animasi ini berhasil meriah prestasi go internasional yaitu dengan menjadi nominasi dari "The 20th Kansas Internasional Film Festival 2020", "Canberra Short Film 2019", "Pune Short Film Festival 2019", serta mampu menjadi pemenang di ajang "HelloFest" tahun 2019.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengungkapkan, prestasi yang diraih oleh SMK RUS sendiri adalah suatu kebanggaan dan harus ditularkan kepada peserta didik SMK lainnya agar dapat terus menghasilkan karya-karya terbaik.

"Saya bangga dengan prestasi tersebut yang menerima penghargaan internasional. Seperti itulah pendidikan vokasi. Intinya, pendidikan vokasi itu harus 'link and match' dengan industri menghasilkan lulusan, seperti Mas Rico, serta Alffy Rev dan Novia Bachmid dalam karya Indonesia Wonderland," ujar Wikan mengutip dari laman Vokasi Kemdikbud.

Selain itu menurut Wikan, dasar kebijakan link and match ini dipercaya akan membuat masyarakat yakin terhadap pendidikan vokasi. Ia juga menambahkan dengan Merdeka Belajar pemerintah akan memberikan fasilitas bagi peserta didik untuk dapat belajar sesuai dengan passion masing-masing.

Luce Chiaro Blasius Malikmass sebagai salah satu siswa animasi SMK RUS mengatakan jika dunia animasi membuat dirinya memilih untuk menempuh pendidikan di SMK.

Ia bercerita jika di SMK telah mendapatkan banyak pembelajaran yang mendukungnya untuk mewujudkan impian dalam melahirkan karya animasi.

"Saya sudah membuat lumayan banyak, salah satunya Gugus Space Journey itu kayak lagu anak-anak, beberapa serial/selanjutnya ada Merdeka Belajar, serta beberapa iklan VR dan AR," kata Luce.

Sementara itu pengajar SMK RUS Rico Andriansyah menjelaskan untuk melahirkan karya-karya terbaik yang dapat bersaing secara internasional harus diberikan motivasi secara terus menerus.

"Jangan pernah takut untuk bermimpi dan berkarya. Selama ada mimpi pasti ada jalan, selama mau berkarya itu pasti akan ada orang yang lihat. Harus berani ada gerakan nyata, karena tanpa gerakan nyata itu sama saja bohong," ujar guru SMK RUS tersebut.



Simak Video "Ini Mobil Listrik Buatan Santri SMK Balekambang Jepara"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia