Siswi SMP Menangis Dapat Laptop dari Ganjar, Gara-gara Jawab Pertanyaan Ini

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 17 Sep 2021 14:30 WIB
Ganjar Pranowo Beri Laptop Siswi SMP (Foto: Screenshot Portal Resmi Provinsi Jawa Tengah)
Foto: Portal Resmi Provinsi Jawa Tengah/Siswi SMP Menangis Dapat Laptop dari Ganjar, Gara-gara Jawab Pertanyaan Ini
Jakarta -

Seorang siswi SMP di Boyolali mendapat laptop dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sebabnya, siswi tersebut berani menjawab sebuah pertanyaan yang diajukan Ganjar.

Melansir laman resmi Provinsi Jawa Tengah, siswi tersebut bernama lengkap Tiara Hanum Larasati. Ia adalah pelajar SMP Negeri 3 Sawit, Boyolali.

Pada Senin (13/09/2021), Ganjar memang memiliki agenda untuk mendampingi Presiden Joko Widodo di area Solo Raya. Dalam keberangkatannya, ia tiba-tiba berhenti, lalu berkunjung ke sekolah itu.

Di sekolah tersebut, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas belum dilakukan. Walau begitu, ada kegiatan penilaian yang tengah berlangsung.

Saat memasuki salah satu kelas, Ganjar turut berdialog dengan para siswa di sana. "Ini kelas berapa? Sudah siap PTM belum? Jadi disuruh masuk ini suruh ngapain?" tanya Ganjar seperti dikutip dari situs resmi Provinsi Jawa Tengah pada Jumat (17/09/2021).

Di antara para siswa yang terlihat bingung, Tiara mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan tersebut. Ia pun menjelaskan kegiatan yang tengah dilakukannya.

"Disuruh mengisi AKM Pak, Asesmen Kompetensi Minimum," jawab Tiara.

"AKM itu kamu disuruh ngapain? Nama kamu siapa?" imbuh Ganjar. Tiara kemudian menjelaskan apa yang dimaksud dengan AKM sambil membuka buku catatannya.

Siswi tersebut juga mengatakan bahwa dirinya berangkat sekolah diantar oleh orang tua. Ia pun mengisahkan bahwa sang Ayah sedang tidak bekerja akibat pandemi COVID-19.

"Tadi pagi (berangkat sekolah) diantar, pulang juga dijemput karena rumah jauh. Baru pindah Pak, ikut orang tua. Bapak (kerja) di proyek tapi sedang tidak bekerja karena pandemi," kata Tiara.

Setelah menjawab pertanyaan soal AKM inilah, siswi yang bercita-cita menjadi analis kesehatan tersebut mendapat laptop baru dari Ganjar. Tak lupa Ganjar memuji Tiara yang pandai menjawab pertanyaannya.

"Tiara ini hebat. Karena yang berani menjawab cuma satu, saya kasih hadiah. Kamu mau tak kasih hadiah sepeda apa laptop? Laptop? Kita kirim laptop untuk Tiara. Kamu belajar yang pinter ya," terang Ganjar.

Sambil menangis, Tiara mengaku tidak menduga sekaligus bahagia karena mendapat hadiah laptop dari Ganjar. Ia pun mengaku akan tetap semangat dan berjuang untuk meraih cita-citanya.

"Senang banget. Tetap semangat dan terus berjuang," sebut Tiara.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar turut berpesan pada para guru di sana untuk tetap disiplin protokol kesehatan (prokes). Menurutnya, anak-anak harus terus dilatih agar mereka memiliki kebiasaan baru menjaga prokes.

"Mereka butuh latihan, nanti diajari sehingga prokes betul-betul terjaga dan anak-anak nanti juga ada kebiasaan baru dia mesti jaga jarak, maskernya nggak pernah lepas," tegas Ganjar.



Simak Video "Pesan Ganjar ke Kades Jateng: Jaga Integritas, Hati-hati Korupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia