4 Keistimewaan Paspor Diplomatik yang Dimiliki BTS, Siswa Perlu Tahu!

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 15 Sep 2021 17:00 WIB
BTS
Foto: (dok. ist)/4 Keistimewaan Paspor Diplomatik yang Dimiliki BTS, Siswa Perlu Tahu!
Jakarta - Boy group asal Korea Selatan, BTS menghadiri panggilan dari Presiden Korea Selatan Moon Jae In di Blue House, Selasa (14/9/2021). Dalam pertemuan tersebut ditunjuk sebagai wakil sang pemimpin untuk urusan diplomasi budaya.

Atas tugas tersebut, Presiden Korsel memberikan setiap anggota BTS paspor diplomatik, sertifikat penunjukkan, dan bulpen resmi.

Paspor diplomatik adalah paspor yang hanya dikeluarkan untuk individu tertentu yang memiliki tanggung jawab untuk menangani urusan resmi pemerintah. Dalam hal ini BTS menerima mandat untuk menghadiri sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Newyork, Amerika Serikat pada 21 September mendatang.

Selama urusan diplomasi tersebut, paspor diplomatik akan digunakan BTS untuk berpergian.

Detikers apakah kalian mengetahui apa keistimewaan paspor diplomatik? Berikut kelebihan dari paspor diplomatik yang dikutip dari CNBC:

Keistimewaan Paspor Diplomatik

1. Diberikan Secara Khusus

Diplomatic PassportDiplomatic Passport Foto: Soompi

Paspor Diplomatik adalah paspor yang diberikan secara khusus untuk tujuan diplomasi. Biasanya mereka yang mendapatkan paspor diplomatik adalah seorang diplomat ataupun konsultan luar negeri yang bekerja di luar negeri atau seseorang yang dipekerjakan yuridiksi tertentu.

Selain itu, penerima paspor diplomatik juga diberikan kepada pejabat pemerintah dan keluarganya yang telah dikirim ke luar negeri untuk menghadiri kongres dan konferensi.

2. Dapat ke 199 Negara Tanpa Visa

BTS dan Moon Jae InBTS dan Moon Jae In Foto: Soompi

Paspor diplomatik Korsel yang diterima BTS, memiliki keistimewaan dapat berkunjung ke 199 negara tanpa visa.

Akan tetapi, beberapa negara Asia Selatan dan Afrika, para pemegang paspor diplomatik Korsel tetap memerlukan visa. Negara tersebut yaitu Afghanistan, Bhutan, Yaman, Ghana, Sudan, Nigeria, Kuba, dan Libya.

Menurut laman Travel Freedom, paspor diplomatik Korsel adalah paspor terkuat di dunia dan mendapatkan peringkat tiga.

3. Keistimewaan Diplomatik

BTS dan Moon Jae InBTS dan Moon Jae In Foto: Soompi

Para pemilik paspor diplomatik akan mendapatkan kekebalan diplomatik. Artinya, anggota BTS yang memegang paspor diplomatik juga akan dianggap sebagai tamu kehormatan di negara yang bersangkutan.

Ketika berpergian ke negara-negara lain pun para pemegang paspor diplomatik bisa menggunakan saluran diplomatik bandara dan bebas pemeriksaan.

4. Bebas Biaya Pajak Perjalanan dan Penghasilan

Para pemegang paspor diplomatik akan dibebaskan dari pajak perjalanan darat maupun udara. Mereka juga dapat melakukan perjalanan dengan mudah dan cepat.

Keren ya BTS, detikers!

Simak Video "Bantahan HYBE soal Rumor Pacaran V BTS"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia