13 Jurusan Kuliah CEO Sukses Dunia, Elon Musk hingga Bill Gates

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 10 Sep 2021 17:16 WIB
Bill Gates
Foto: Instagram @thisisbillgates
Jakarta -

Jurusan kuliah memang tak selamanya menentukan keberhasilan, namun penting untuk dipertimbangkan demi karier di masa depan. Beberapa tokoh bahkan sukses di bidang yang kurang sesuai dengan jurusan saat kuliah.

Meski begitu, pertimbangan memilih jurusan tetap harus diutamakan. Mulai dari apa yang paling disukai, apa yang diminati, dan apa yang menjanjikan untuk masa depan. Seperti jurusan kuliah bidang teknik atau teknologi misalnya.

Banyak CEO sukses di dunia merupakan lulusan dari jurusan yang berhubungan dengan teknik atau teknologi. Tapi ada juga yang justru dari jurusan bahasa. Apa saja jurusan kuliah dari para CEO tersebut?

13 Jurusan Kuliah para CEO Sukses:

1. Jurusan Kuliah Elon Musk-CEO Tesla & SpaceX

Nama Elon Musk semakin banyak dikenal anak muda setelah menciptakan koin crypto di dunia saham hingga mengembangkan roket dan wahana ke luar angkasa.

Sebelum menjadi CEO dan miliarder, Elon Musk pernah mengambil jurusan kuliah Fisika, Ekonomi, Terapan Fisika, dan Teknik Material. Ia berhasil menjadi sarjana University of Pennsylvania. Bahkan ia pernah belajar di Stanford University namun tidak selesai (drop out).

2. Jurusan Kuliah Susan Wojcicki-CEO YouTube

Tahukan media sosial yang sering menemani hari-hari kamu? Ternyata di baliknya ada CEO yang pernah kuliah di tiga universitas berbeda.

Susan Wojcicki belajar di jurusan Sejarah, Literatur, dan Ekonomi di tiga universitas yang berbeda yakni Harvard University (S1), U.C. Santa Cruz (S2), dan University of California Los Angeles (S2).

3. Jurusan Kuliah Tim Cook-CEO Apple

Tim Cook adalah pemimpin Apple saat ini yang berhasil lulus dari Auburn University dan Duke University dari jurusan Teknik Industri.

Dilansir Business Insider, ia adalah mahasiswa jenius yang mendapat predikat 'Fuqua Scholar' yang artinya merupakan bagian dari 10% mahasiswa terpintar di sana.

4. Jurusan Kuliah Reed Hastings-CEO Netflix

Pernah menunda kuliahnya satu tahun atau gap year, CEO Netflix ini ternyata pernah menjual vakum dari pintu ke pintu sebelum kuliah di jurusan Matematika Bowdoin University.

Selepas menjadi sarjana, Reed Hastings kemudian melanjutkan S2 jurusan Sains Komputer di Stanford University.

5. Jurusan Kuliah Marissa Mayer-Former CEO Yahoo

Marissa Mayer adalah salah satu CEO wanita yang dikagumi di dunia teknologi. Marissa Mayer lulus dari jurusan Sistem Simbolik untuk S1 dan Sains Komputer untuk S2 di Universitas Stanford.

6. Jurusan Kuliah Daniel Ek-CEO Spotify

Daniel Ek, CEO Spotify kuliah di jurusan kuliah teknik Royal Institute of Technology. Berbeda dengan CEO lain, Daniel Ek kuliah hanya delapan minggu setelah masuk Royal Institute of Technology.

Saat itu, dilaporkan bahwa CEO Spotify ini sadar hanya ingin fokus pada jurusan matematika teoritis.

7. Jurusan kuliah Evan Spiegel-CEO Snapchat

Evan Spiegel kuliah di Stanford University jurusan Desain Produk. Namun tak jauh berbeda dengan Daniel Ek, Evan Spiegel meninggalkan kuliahnya di Stanford University. Alasannya bukan untuk kuliah lagi melainkan untuk fokus pada Snapchat.

Padahal saat itu, CEO Snapchat ini hanya perlu menyelesaikan tiga kelas lagi sebelum akhirnya lulus. Tapi kini, keputusan tersebut tidak sia-sia karena kesuksesan aplikasinya.

Jurusan kuliah CEO Uber, Amazon, klik selanjutnya...

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia