5 Karier Bidang Teknologi yang Paling Banyak Dicari di Masa Depan

Olivia Sabat - detikEdu
Rabu, 08 Sep 2021 16:30 WIB
Persephone memandu para pengunjung di dalam gua Alistrati, sekitar 135 kilometer (84 mil) timur laut Thessaloniki, Yunani, Senin, 2 Agustus 2021. Persephone, yang disebut-sebut sebagai robot pertama di dunia yang digunakan sebagai pemandu wisata di dalam gua, telah menyambut pengunjung ke gua Alistrati, sejak pertengahan Juli. (AP Photo/Giannis Papanikos)
Robotics Engineers merupakan salah satu karier bidang teknologi yang paling banyak dicari di masa depan (Foto: AP/Giannis Papanikos )
Jakarta - Detikers tahu gak sih kalau pada 2018 permintaan tenaga kerja yang memiliki skill teknologi meningkat dua kali lipat sejak 2015, lho. Dikutip dari Top Universities, peningkatan ini ditandai dengan bertambahnya jumlah lowongan pekerjaan di bidang teknologi sebanyak 119 persen.

Bahkan, di tengah krisis kesehatan global saat ini, kebutuhan akan kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin, analisis data, dan komputasi awan (cloud computing) semakin meningkat hanya dalam tujuh bulan.

Permintaan karier di bidang teknologi pun diperkirakan tidak akan meredup bahkan akan terus bertumbuh. Ini tentunya kabar baik bagi mahasiswa di bidang teknologi karena peluang kerja terbuka lebar.

Nah, bagi kamu yang masih menimbang-nimbang jurusan kuliah, informasi ini juga bisa jadi panduan untuk memilih.

Untuk mengetahui karier apa saja yang dibutuhkan di masa depan, simak penjelasan dari Top Universities di bawah ini, yuk!


1. Machine Learning Engineer

Cabang khusus kecerdasan buatan (AI) ini ideal banget nih buat detikers yang memiliki passion di bidang ilmu komputer. Selain itu, bidang ini juga cocok kalau detikers menginginkan karier industri yang bergerak dengan cepat sekaligus menarik.

Sebagai gambaran, pekerjaan ini akan menggunakan data besar guna membuat algoritme kompleks. Tujuannya, untuk memprogram mesin melakukan tugas seperti manusia, seperti mobil self-driving atau asisten suara digital.

Nah, untuk karier ini, detikers harus memiliki pengetahuan dalam bidang AI dan atau ilmu komputer. Bahkan, akan lebih baik jika memiliki gelar master atau menyelesaikan pendidikan sampai S-2 di bidang yang sama.

2. UX Designer

Bekerja sebagai UX Designer akan lebih berfokus dengan desain 'di balik layar', nih detikers. UX Designer bertugas untuk memastikan perangkat lunak, situs web, atau aplikasi sudah memiliki desain atau tampilan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Dengan begitu, UX Designer harus memastikan konsumen mendapat pengalaman terbaik selama menggunakan platform digital yang disediakan.

Kalau berminat menjadi UX Designer, detikers harus memiliki gelar sarjana yang relevan, seperti ilmu komputer. Gak lupa harus dilengkapi juga dengan berbagai pengalaman profesional.

3. Robotics Engineers

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, pekerjaan sebagai insinyur robotika akan terus dibutuhkan, nih. Insinyur robotika memiliki pekerjaan untuk menganalisis, mengevaluasi, mengkonfigurasi, menguji dan memelihara prototipe, komponen robot, perangkat lunak dan mesin terintegrasi yang dibuat untuk industri manufaktur, pertambangan, dan layanan otomotif.

Wah, banyak banget ya. Namun, gak hanya banyak, semua pekerjaan itu juga memerlukan kesabaran dan pemikiran yang rasional, lho.

Nah, untuk menjadi insinyur robotika, detikers harus menyandang gelar master dalam bidang robotika atau ilmu komputer. Selain itu, detikers juga harus dibekali berbagai keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman untuk berkarier di bidang teknik robotika, ya.

Selanjutnya ahli di bidang data >>>



Simak Video "Bangga! Kolaborasi Kampus ITS-ITB Daftarkan Paten Mobil Listrik, Ini Bentuknya"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia