Prakerja Gelombang 19 Dibuka, Fresh Graduate Sudah Tahu Cara Daftarnya?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 28 Agu 2021 15:37 WIB
Kartu Prakerja
Foto: Kartu Prakerja (M Fakhri Aprizal/Tim Infografis)
Jakarta - Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 19 telah dibuka sejak Kamis (26/8/2021) kemarin. Bagi para fresh graduate yang berminat untuk mendaftar, yuk simak tata cara pendaftarannya berikut ini.

Sebelumnya perlu diketahui, program Kartu Prakerja ini adalah program pengembangan kompetensi kerja dari pemerintah yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja akibat pandemi COVID-19.

Atau pun bagi pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Hingga kini sudah ada 19 gelombang yang dibuka. Bila lolos, peserta akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3.550.000 dan juga pelatihan kerja plus sertifikasi.

Melansir dari laman resmi Prakerja, berikut tata cara pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 19. Perlu diingat, cara ini hanya diperuntukkan bagi peserta yang belum pernah melakukan pendaftaran sebelumnya.

Cara Daftar Prakerja Gelombang 19

1. Kunjungi laman www.prakerja.go.id dan pilih 'Daftar Sekarang'. Peserta akan diarahkan ke dashboard prakerja dan diminta untuk mengisi alamat email dan password yang aktif.

2. Siapkan Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan data diri lengkap.

3. Peserta diarahkan untuk mengecek email verifikasi dan akun berhasil dibuat.

4. Setelah berhasil daftar akun dan login, peserta akan masuk ke dashboard akun. Namun, kamu hanya bisa melanjutkan pendaftaran dengan mengakses via browser HP.

5. Pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik Lanjutkan.

6. Lengkapi data diri yang diminta. Pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai.
Pastikan juga isian nama lengkap dan nama ibu kandung sudah sesuai.

Jika data tidak sesuai, peserta dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, WhatsApp/SMS 08118005373, atau email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id.

7. Saat mengunggah foto KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar. Pastikan kamu mengunggah foto yang diambil langsung dari kamera HP ya.

8. Jika data yang dimasukkan sudah sesuai, langkah berikutnya adalah verifikasi nomor handphone. Lalu, Klik Kirim.

9. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP yang telah didaftarkan. Klik Verifikasi.

10. Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi peserta. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke.

11. Berikutnya, kamu wajib melakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar. Klik Mulai Tes Sekarang.

12. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi. Pendaftaran sedikit lagi selesai dan peserta tinggal mengikuti seleksi Gelombang.

13. Pilih Gelombang yang sesuai dengan domisili peserta, lalu klik Gabung. Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang. Bila sudah sesuai, klik Ya, Gabung.

14. Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Peserta harus klik Saya Menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

15. Tahap pendaftaran selesai. Peserta hanya perlu menunggu hasil pendaftaran dievaluasi.

Selanjutnya peserta akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan email setelah hari pengumuman tiba. Jika belum lolos, peserta masih bisa mengikuti gelombang berikutnya yang dapat dipilih kembali di dashboard.

Bagi yang sudah mencoba sebanyak tiga kali namun masih tidak lolos juga, tidak usah khawatir. Peserta bisa membuat surat pernyataan ke email resmi Prakerja di yaknikepesertaan@prakerja.go.id. Kemudian, isi surat pernyataan dengan benar dan kirim ke email kartu prakerja.

Semoga berhasil ya!

Simak Video "Mau Daftar Program Kartu Prakerja? Simak Syarat dan Caranya di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia