6 Cara Meneladani Para Pahlawan Kemerdekaan dalam Kehidupan Sehari-hari

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 26 Agu 2021 16:45 WIB
Ilustrasi Perang Surabaya 10 November 1945
Foto: Ilustrasi: Edi Wahyono/6 Cara Meneladani Para Pahlawan Kemerdekaan dalam Kehidupan Sehari-hari
Jakarta - Menghargai dan menghormati jasa para pahlawan adalah hal wajib yang harus dilakukan dan dimulai sedini mungkin. Salah satu cara yang dapat dilakukan siswa dalam meneladani para pahlawan kemerdekaan adalah mengingat jasa-jasa mereka.

Apakah hanya dengan mengingat saja cukup? Tentu belum. Jadi salah satu cara yang dapat dilakukan siswa salam meneladani para pahlawan kemerdekaan adalah apa? Berikut adalah penjelasannya seperti yang dikutip dalam laman SD Negeri II Bugeman.

Cara Meneledani Para Pahlawan Kemerdekaan:

  • 1. Saling Menghormati dan Menghargai Satu Sama Lain

Saling menghormati dan menghargai satu sama lain merupakan hal mudah pertama yang harus dilakukan.Para pahlawan perjuangan dapat meraih kemenangan juga disebabkan karena mereka berjuang bersama dan menyampingkan perbedaan. Itulah, mengapa menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan juga penting untuk dilakukan.

  • 2. Memupuk Semangat Cinta Tanah Air

Salah satu cara yang dapat dilakukan siswa dalam meneladani para pahlawan kemerdekaan adalah memiliki sifat nasionalisme. Hal ini harus terus dipupuk agar pemuda memiliki keinginan sebagai generasi penerus bangsa.

Hal ini dapat dilakukan dengan senantiasa mencintai Tanah Air Indonesia, bangga akan bangsa sendiri, dan menjaga eksistensi bangsa Indonesia secara bersama-sama.

  • 3. Tidak Melupakan Jasa Pahlawan

Tidak melupakan jasa pahlawan dapat dilakukan dengan menceritakan kisah-kisah perjuangan sejarah kemerdekaan Indonesia, pada setiap generasi barunya.

Hal ini dapat dilakukan dengan membaca kembali catatan sejarah dan memahami makna-makna perjuangan yang perlu ditanam dan dicontoh seperti makna Sumpah Pemuda, makna kemerdekaan Indonesia, dan lain sebagainya.

  • 4. Belajar dengan Tekun

Belajar dengan tekun merupakan salah satu bentuk untuk menghargai jasa para pahlawan. Karena generasi muda harus melanjutkan cita-cita bangsa Indonesia dalam mencapai masa depan yang lebih baik, sehingga jasa para pahlawan tidak akan sia-sia, terutama dalam peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

  • 5. Memperingati Peristiwa-Peristiwa Penting

Memperingati peristiwa penting seperti mengikuti upacara bendera dan mengulang detik-detik kemerdekaan Indonesia pada setiap tanggal 17 Agustus, adanya peringatan hari Sumpah Pemuda, adanya peringatan hari lahirnya Pancasila, dan lain sebagainya merupakan salah satu cara untuk menghargai jasa para pahlawan.

  • 6. Mengamalkan Pancasila dan Peraturan Lainnya

Mengamalkan pancasila atau memahami makna pancasila dalam kehidupan sehari-hari merupakan cara untuk menghargai jasa para pahlawan. Jangan lupa juga menjalankan peraturan perundang-undangan yang berlaku, peraturan agaman, maupun juga budaya yang ada dalam masyarakat secara baik dan benar.

Jadi salah satu cara yang dapat dilakukan siswa dalam meneladani para pahlawan kemerdekaan adalah selalu menjalankan kewajiban sebagai warga negara dengan baik.

Selamat belajar, detikers!



Simak Video "RI Gelar Festival Kemerdekaan Virtual Pertama, Ini Deretan Programnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia