4 Tips Bagi Mahasiswa yang Sibuk Kuliah Sambil Berorganisasi

atj - detikEdu
Sabtu, 21 Agu 2021 18:35 WIB
A portrait of an Asian college student on campus
4 Tips Bagi Mahasiswa yang Sibuk Kuliah Sambil Berorganisasi (Foto: iStock)
Jakarta -

Kuliah merupakan waktu yang tepat untuk mengasah kemampuan. Oleh karena itu selain sibuk berkuliah, mahasiswa juga aktif berorganisasi. Terkadang karena terlalu sibuk berorganisasi jadi tidak bisa membagi waktu dengan baik.

Jangan khawatir, berikut adalah tips bagi mahasiswa yang sibuk berkuliah sambil berorganisasi. Tetapi sebelum membahas tips tersebut ada baiknya mahasiswa juga mengikuti organisasi.

Hal tersebut dikarenakan organisasi sangat baik dan memiliki banyak manfaat positif melalui berbagai kegiatan. Skill yang muncul yaitu kemampuan berkomunikasi, melatih jiwa kepemimpinan, mengasah kemampuan sosial hingga memperluas jaringan pertemanan.

Selain itu berorganisasi juga akan menambah nilai plus dalam Curiculum Vitae (CV) saat melamar pekerjaan kelak. Berorganiasi juga akan sangat berguna diterapkan saat dunia kerja mendatang.

Dampak negatifnya jika tidak pandai membagi waktu antara berorganisasi akan menyebabkan mahasiswa tidak fokus saat mengikuti perkuliahan atau belajar.

Berikut adalah tips bagi mahasiswa yang sibuk berkuliah sambil berorganisasi yang dilansir dari akun Instagram Seleksi Telkom University:

1. Membuat Jadwal Kegiatan

Saat berkuliah di zaman pandemic seperti ini banyak kegiatan yang dilakukan di dalam rumah dan ada banyak rapat yang diikuti secara online.

Selain itu juga ada tugas-tugas kuliah yang diberikan para dosen secara online juga. Agar kamu tidak kewalahan dalam menghadapi situasi ini. Kamu bisa membuat jadwal kegiatan agar lebih tertata saat menjalankannya.

2. Tidak Menjadi Deadliners

Usahakan tidak mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam atau deadliners. Agar tidak menjadi deadliners dapat dilakukan dengan tips nomor satu agar semua kegiatanmu dapat berjalan dengan lancar dan dikerjakan dengan baik.

3. Menentukan Prioritas

Menentukan prioritas merupakan hal penting dilakukan. Jika sudah mengikuti banyak kegiatan maka harus mempersiapkan kemungkinan untuk menghadapi jadwal yang bentrok.

Kuncinya adalah menentukan prioritas mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Jangan lupa berkuliah juga harus dijadikan prioritas.

4. Komunikasi adalah Kuncinya

Jika ada kegiatan perkuliahan yang tidak bisa ditinggalkan atau berbenturan dengan kegiatan-kegiatan organisasi lainnya ada baiknya dikomunikasikan dengan teman-teman satu tim organisasi maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Jika memiliki komunikasi yang baik, kamu akan dapat menghindari dari kesalahpahaman antar anggota organisasi maupun UKM. Jadi miliki kemampuan komunikasi yang baik ya dengan teman satu tim.

Nah itu tadi adalah tips bagi mahasiswa yang sibuk berkuliah sambil berorganisasi agar dapat membagi waktunya dengan baik. Jangan lupa diterapkan ya detikers!



Simak Video "WHO Kritik Negara-negara yang Berlakukan Larangan Masuk untuk Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia