Dipercaya Bekerja ke Jepang, Ini Cerita Sukses Alumni FIB Undip

Anastasia Anjani - detikEdu
Selasa, 03 Agu 2021 18:00 WIB
Stefan Fahmi Muhammad
Foto: Undip
Jakarta - Stefan Fahmi Muhammad atau yang akrab dipanggil Stefan adalah alumni dari Prodi Bahasa dan Kebudayaan Bahasa Jepang di Universitas Diponegoro (Undip). Stefan merupakan mahasiswa Undip angkatan 2012 dan menjadi alumni Undip pada tahun 2016.

Menurut Stefan selama berkuliah di Undip ia banyak mengetahui mengenai Bahasa Jepang dan budayanya. Selain itu, Stefan juga bekerja sebagai translator bahasa Jepang di PT Kubota Indonesia pada bulan Maret 2017 - Juni 2021.

Setelah hampir tiga tahun bekerja sebagai penerjemah, ia dipindah ke bagian Staff Sparepart Develompment. Stefan juga beberapa kali ditugaskan ke Jepang karena kemahirannya dalam berbahasa Jepang dan pengetahuannya akan budaya Jepang.

Adapun kegiatan Stefan saat bekerja di Jepang yaitu mendampingi Staff Lokal Training Kaizen di Head Office, Osaka Jepang pada tahun 2018, mendampingi Staff Lokal dan Vendor untuk berpartisipasi Lomba Kaizen Community di Kyoto, Jepang (2019), mendampingi Staff Lokal Mengikuti Skill Contest di Sakai Plant, Osaka Jepang (2019) dan mendampingi Staff Lokal untuk berpartisipasi Lomba Kaizen Community di Kyoto, Jepang di tahun 2020.

"Sangat banyak bekal ilmu pengetahuan yang saya peroleh dengan kuliah di S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang, FIB Undip,"ujar Stefan mengutip dari laman resmi Undip. Tidak hanya mahir berbahasa Jepang alumni Undip tersebut juga pandai berbahasa Inggris.

Menurutnya, dengan belajar dasar-dasar teori linguistik dan sastra, kemampuan berbahasa Jepang, sosio kultural Jepang dan lainnya, maka banyak keahlian yang diperoleh saat lulus dari kuliah.

"Keahlian yang diperoleh dari kuliah, adalah saya bisa mengajar Bahasa Jepang, penerjemah Bahasa Jepang, berbicara di depan umum dengan Bahasa Jepang, dan lainnya," papar Stefan.



Simak Video "Cerita Inspiratif Fanboy yang Berhasil Raup Cuan Gara-gara K-Pop"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia