Adaptasi COVID-19, Mahasiswa DKV ITS Bikin Pameran Virtual, Udah Liat?

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 30 Jul 2021 07:31 WIB
Pameran virtual adaptasi COVID-19 DKV ITS
Foto: Pameran virtual adaptasi COVID-19 DKV ITS
Jakarta -

Apresiasi karya hari ini juga mengalami adaptasi di pandemi COVID-19. Nah, adaptasi kreatif berbasi teknologi inilah yang diterapkan Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada pameran virtual di festival Rupafest 2021.

Pameran virtual ini menggunakan platform app.lapentor.com. Platform tersebut dipilih karena dianggap memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan platform virtual lain. Sejumlah kelebihannya yaitu gratis dan mudah dikreasikan dengan konsep tiga dimensi yang menggugah.

"Dengan Lapentor kami bisa berkreasi dengan ruang sesuai tema dan kreatifitas kami sebagai mahasiswa DKV," kata Ketua Pelaksana Rupafest 2021 Fithrathur Rahman Fasya, dikutip dari laman ITS, Kamis (29/7/2021).

Dalam pameran yang berlangsung hingga 4 Agustus 2021 ini, pengunjung dapat menyusuri lobi serta lorong pameran virtual seperti mengunjungi pameran offline.

Semua karya mahasiswa Departemen DKV ITS tersebut dilengkapi dengan deskripsi karya. Di samping itu, tersedia sejumlah voucher hadiah yang menjadi easter egg bagi pengunjung yang jeli mengamati setiap sudut ruangan pameran.

Fasya menuturkan, pameran tahunan tersebut kali ini mengambil tema Nostalgic Future. Ia menjelaskan, maknanya yakni seiring perubahan yang dipengaruhi perjalanan waktu dan perubahan tren, manusia akan tetap merasa ingin bernostalgia.

"Kami kaitkan juga tema ini dengan teknologi, karena ITS identik dengan teknologinya," kata Rahman.

Pameran virtual ini menampilkan lebih dari 70 karya mahasiswa Departemen DKV ITS. Karya-karya tersebut dipilih melalui Komunitas DKV ITS dan kompetisi Rupafest.

Beberapa karya hasil dari tugas mata kuliah juga terpilih melalui sejumlah proses kurasi, seperti mata kuliah Gambar Bentuk dan Desain Komunikasi Visual dari angkatan 2020, mata kuliah Ilustrasi dan Promosi dari angkatan 2019, dan mata kuliah Branding dari angkatan 2018.

Fasya menuturkan, akses menuju pameran sendiri dapat dibuka melalui tautan di bio instragram Rupafest. Ia mengatakan, lima hari pertama pameran sudah menarik lebih dari 350 pengunjung.

"Ini merupakan hasil kerja keras semua panitia Rupafest 2021 yang sudah mengerjakan pameran ini selama sebulan lebih," katanya.

Ia berharap, pameran virtual ini dapat memberi berbagai manfaat bagi para pengunjung sambil mengenal Departemen DKV ITS. "Dan tentunya sampai akhir acara, harapannya Rupafest 2021 sendiri dapat berjalan sukses," kata Fasya.

Gimana detikers, sudah lihat pameran virtual Departemen DKV ITS belum?



Simak Video "Aksi Keren Musisi Cilik, Kolaborasi Secara Daring"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia