Ada Kampus Merdeka, Jokowi Minta Pelaku Industri Ikut Didik Mahasiswa

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 27 Jul 2021 15:15 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Ada Kampus Merdeka, Jokowi Minta Pelaku Industri Ikut Didik Mahasiswa
Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengarahkan para pelaku industri agar mau mendidik mahasiswa dan saling bekerja sama. Ia mengatakan hal tersebut dapat dilakukan dengan program Kampus Merdeka.

Harapannya, para mahasiswa tersebut nantinya mampu menciptakan lapangan kerja. Dengan begitu, UMKM dan perekonomian negara akan sama-sama bergerak maju.

"Para mahasiswa harus difasilitasi untuk bersaing di pasar kerja yang semakin terbuka dan terglobalisasi. Harus mampu menjadi industriawan yang menciptakan lapangan kerja, mampu meningkatkan status sosial membuat dirinya naik kelas dan menjadikan UMKM naik bersama-sama," ujar Jokowi dalam acara pertemuan rektor seluruh Indonesia via Zoom, Selasa (27/7).

"Tugas itu akan lebih ringan jika melakukannya dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar salah satu instrumen penting untuk itu. Mahasiswa bisa belajar di mana saja yang dirasa penting," tegas dia.

Jokowi juga mengatakan jika pelaku industri juga memerlukan bantuan dari perguruan tinggi. Oleh karena itu ajak industri untuk ikut mendidik para mahasiswa sesuai dengan kurikulum industri bukan kurikulum dosen. Agar para mahasiswa memperoleh pengalaman yang berbeda dari dunia akademis semata.

"Oleh karena itu ajak industri untuk ikut mendidik para mahasiswa sesuai dengan kurikulum industri, bukan kurikulum dosen. Agar para mahasiswa memperoleh pengalaman yang berbeda dari dunia akademis semata," jelas Jokowi.

Menurut Jokowi tiap mahasiswa memiliki talenta masing-masing yang harus digali dan difasilitasi. Ia pun berharap program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar bisa menjembatani harapan tersebut.

"Itulah esensi dari program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Apapun profesinya di masa depan semuannya membutuhkan hybrid knowledge dan hybrid skill. Jangan memagari disiplin ilmu terlalu kaku," imbuh dia.

Perguruan tinggi yang usianya sudah tua tolong lakukan peremejaan diri, peremajaan kurikulum dan sistem pembelajaran, manajemen dan berperilaku agar tetap tangguh dan kompetitif di dunia yang baru," terang Jokowi.

Jokowi juga menekankan agar perguruan tinggi juga lebih progresif dengan adanya Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.



Simak Video "Jokowi: Mahasiswa Jangan Hanya Belajar di Kampus"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia