7 Contoh Soal Pendapatan Nasional Ekonomi dan Pembahasannya

Puti Yasmin - detikEdu
Rabu, 21 Jul 2021 16:20 WIB
Counting money
Foto: Getty Images/iStockphoto/Yamtono_Sardi/7 Contoh Soal Pendapatan Nasional Ekonomi dan Pembahasannya
Jakarta - Materi pendapatan nasional menjadi salah satu hal yang dipelajari di pelajaran ekonomi. Namun, bagi detikers yang belum memahami materi ini bisa belajar contoh soal pendapatan nasional di sini.

Contoh Soal Pendapatan Nasional

  • Pengertian Pendapatan Nasional

Dikutip dari buku 'Modul Ringkasan SBMPTN Ekonomi' karya The King Eduka pendapatan nasional adalah ukuran nilai output berupa barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara dalam periode tertentu. Adapun, ada tiga pendekatan dalam pendapatan nasional, yakni pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran

  • Macam Pendapatan Nasional

Ada lima konsep pendapatan nasional, sebagai berikut

-Produk Nasional Bruto (GNP)

Produk nasional bruto adalah jumlah nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat dalam jangka waktu setahun. Barang-barang tersebut terdiri dari barang-barang final, artinya barang konsumsi dan modal yang sudah mencapai tahap penggunaan akhir.

-Produk Nasional Netto (NNP)

Produk Nasional Netto adalah GNP dikurangi nilai penyusutan dan penggantian modal.

-Pendapatan Nasional Netto (NNI)

Pendapatan Nasional Netto adalah jumlah nilai semua balas jasa yang diterima faktor-faktor produksi setelah dikurangi pajak tidak langsung, seperti pajak penjualan dan bea impor.

-Pendapatan Perseorangan (PI)

Pendapatan perseorangan adalah pendapatan yang sesungguhnya, sapai ke tangan orang yang turut serta dalam produksi. Tidak seluruh pendapatan nasional netto itu jatuh ke tangan faktor-faktor produksi karena masih harus dikurangi laba yang tidak dibagikan, pajak perseorangan, iuran jaminan sosial ditambah pembayaran bersifat pindahan (transfer).

-Pendapatan Bebas (DI)

Akhirnya terdapatlah residu pendapatan dinamakan disposable income. pendataan ini menjadi hak milik mutlak penerima dan merupakan jumlah sisa pendapatan perseorangan dikurangi pajak langsung

Contoh Soal Pendapatan Nasional dilansir buku 'Pasti Bisa Ekonomi' oleh penerbit Duta

1. Contoh soal pendapatan nasional pilihan ganda. Berikut ini bukan merupakan faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi keluarga adalah...

A. Lingkungan sosial ekonomi
B. Tingkat perkembangan teknologi
C. Besarnya pendapatan bersih keluarga
D. Jumlah anggota keluarga
E. Tingkat Pendidikan

Jawaban: B

Pembahasan:

Faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi keluarga, di antaranya sebagai berikut:

-Besarnya pendapatan bersih keluarga
-Komposisi (usia dan jumlah) keluarga
-Dugaan untuk masa depan (naik turunnya harga)
-Selera
-Tingkat pendidikan
-Lingkungan sosial ekonomi
-Agama dan adat kebiasaan

Jadi, yang bukan merupakan faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi keluarga adalah tingkat perkembangan teknologi. Tingkat perkembangan teknologi merupakan salah satu faktor yang memengaruhi investasi.

2. Contoh soal essay pendapatan nasional dan jawabannya. Bagaimana peningkatan investasi dapat meningkatkan pendapatan nasional?

Pembahasan:

Peningkatan investasi akan dapat meningkatkan pendapatan nasional jika diikuti dengan peningkatan kapasitas produksi dan jumlah produksi sehingga akan memperluas kesempatan kerja. Dengan demikian, jumlah produksi barang dan jasa meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan nasional.

Jawaban:

3. Bagaimana perekonomian suatu negara jika PDB lebih besar daripada PNB?

Pembahasan:

Jika Produk Domestik Bruto lebih besar daripada PNB,maka menunjukkan bahwa investasi negara asing di dalam negeri lebih besar daripada investasi negara tersebut di negara lain. Hal ini menunjukkan perekonomian negara tersebut belum maju karena masih menerima banyak modal dari luar negeri.

4. Metode penghitungan pendapatan nasional dengan menjumlahkan seluruh pendapatan yang diperoleh dari faktor-faktor produksi dalma kurun waktu satu tahun adalah metode perhitungan pendaptan nasional dengan pendaktan..

A. Produksi
B. Nilai tambbah
C. Pengeluaran
D. Pendapatan
E. Value added

Jawaban: D

Pembahasan:

Pendekatan yang digunakan untuk menghitung pendapatan nasional dengan menjumlahkan seluruh pendapatan yang diperoleh dari faktor-faktor produksi dalam kurun waktu satu tahun adalah pendekatan pendapatan. Pendapatan yang diperoleh berupa sewa (rent), upah (wages), bunga ( interest), dan keuntungan (profit).

5. Salah satu manfaat penghitungan pendapatan nasional adalah untuk mengetahui struktur perekonomian negara. Bagaimana cara mengetahui struktur perekonomian negara berdasarkan sektor-sektor perekonomian yang berkontribusi terhadap pendapatan nasional?

Pembahasan

Dengan penghitungan pendapatan nasional akan diketahui struktur perekonomian suatu negara. Hal ini dapat dilihat dari seberapa besar kontribusi dari sektor-sektor perekonomian terhadap pendapatan nasional. Jika sektor agraris yang lebih dominan dalam pendapatan nasional, maka struktur ekonomian negara tersebut agraris. Namun, jika pendapatan nasional dominan berasal dari sektor industri maka struktur ekonomi negara tersebut adalah industri.

6. Contoh soal pendapatan nasional. Perhatikan hal-hal berikut!

(1) perbandingan standar hidup masyarakat suatu negara dari waktu ke waktu
(2) perbandingan tingkat kesejahteraan masyarakat
(3) penggunaan pendapatan
(4) tingkat kemakmuran masyarakat
(5) struktur perekonomian masyarakat suatu negara

Manfaat perhitungan nasional ditunjukkan oleh nomor..

A. (1), (2), dan (5)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5).

Jawaban: E

Pembahasan:

Manfaat perhitungan pendapatan nasional, di antaranya
-mengetahui struktur perekonomian suatu negara
-mengetahui tingkat kemakmuran masyarakat
-mengetahui kemajuan ekonomi dari tahun ke tahun
-mengetahui penggunaan pendapatan masyarakat
-mengetahui perbandingan perekonomian antarnegara di dunia
-sebagai pedoman untuk melaksanakan pembangunan
-sebagai pedoman bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan ekonomi nasional

7. Berdasarkan cara menghitung pendapatan per kapita, pendapatan per kapita dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pendapatan kapita nominal dan pendapatan per kapita riil. Jelaskan pendapatan per kapita nominal dan pendapatan per kapita riil tersebut!

Pembahasan

-Pendapatan per kapita nominal ialah pendapatan per kapita yang tidak memperhitungkan tingkat kenaikan harga atau inflasi. Jadi, pendapatan per kapita nominal dihitung berdasarkan harga yang berlaku.

-Pendapatan per kapita riil ialah pendapatan per kapita yang sudah memperhitungkan tingkat kenaikan harga atau inflasi. Jadi, pendapatan per kapita riil dihitung berdasarkan harga tetap (konstan).

Naik tidaknya tingkat kesejahteraan (kemakmuran) masyarakat harus dilihat dari pendapatan per kapita riil, bukan dari pendapatan per kapita nominal.

Selamat belajar contoh soal pendapatan nasional di atas, detikers!



Simak Video "Kok Bisa Ekonomi RI Melesat 7 Persen Tapi Tidak Terasa?"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia