Alumni Unair Gandeng Pemprov Jatim Gelar Vaksinasi Anak Sekolah

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 19 Jul 2021 20:30 WIB
The hands in blue glove of the scientist hold the processor
Foto: Getty Images/iStockphoto/Alernon77/Alumni Unair Gandeng Pemprov Jatim Gelar Vaksinasi Anak Sekolah
Jakarta - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Airlangga (Unair) menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 di Pondok Pesantren Yanabi'ul Ulum Wal Hikmah, Jagir Sidosermo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Sabtu pagi (17/7/2021). Kegiatan pemberian vaksin tersebut menyasar perkampungan dan daerah pesisir di sekitar yang belum terjangkau layanan vaksinasi.

"Kami menyasar daerah pesisir, karena daerah tersebut cenderung minim akses pelayanan kesehatannya," kata Khofifah, dilansir dari laman resmi Unair, Senin (19/7/2021).

Ketua IKA Unair sekaligus Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan kegiatan ini merupakan kerjasama para alumni Unair, Pemprov Jatim, dan Fakultas Kedokteran (FK) Unair.

Ia menjelaskan, sejumlah mahasiswa FK Unair dan dokter muda Unair dilibatkan pada kegiatan percepatan vaksinasi tersebut. Targetnya yakni 70 persen masyarakat Jawa Timur divaksin per Agustus mendatang.

Untuk itu, lanjutnya, sebanyak 500 dosis vaksin diberikan di titik pertama vaksinasi tersebut. Dosis vaksin tersebut diperuntukkan bagi warga pondok dan masyarakat sekitar pondok. Ia menambahkan, kegiatan vaksinasi tersebut juga merupakan tindak lanjut program vaksinasi bagi pelajar dan santri usia 12 hingga 17 tahun oleh Presiden Joko Widodo.

Selama mengikuti kegiatan, para peserta vaksinasi diwajibkan menerapkan protokol kesehatan. Termasuk di antaranya yaitu memakai masker, menjaga jarak, membawa hand sanitizer, mengurangi kerumunan, dan menghindari mobilitas.

Para alumni kemudian menyalurkan bantuan kepada masyarakat setempat. Sejumlah bantuan yang diberikan di antaranya yakni masker, vitamin, hand sanitizer, peralatan penyemprotan disinfektan, sembako, alat cek suhu, dan Alat Pelindung Diri.

Vaksinasi tahap kedua dijadwalkan pada 24 Juli mendatang. Sasarannya adalah warga Kalanganyar, Sidoarjo.

"Ini adalah tahap pertama. InsyaAllah di Kalanganyar, Sedati, dan Sidoarjo tanggal 24 akan kami lakukan hal yang sama. Kemudian juga beberapa daerah lain yang sudah diidentifikasi," kata Khofifah.

Simak Video "Vaksinasi Covid-19 Disabilitas Terkendala Dukungan Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia