Kisah Putri, Alumni Penerima Beasiswa LPDP yang Mengenalkan Batik ke Dunia

Rahma I Harbani - detikEdu
Senin, 21 Jun 2021 14:40 WIB
Alumni penerima beasiswa LPDP
Foto: Dok. LPDP
Jakarta -

Alumni penerima beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Putri Urfanny Nadhiroh mengenalkan nama Indonesia di mata dunia melalui karya batiknya. Batiknya bahkan disebut-sebut sebagai produk yang unik karena menggabungkan dua budaya negara yang berbeda.

Mulanya, industri batik memang sudah akrab bagi Putri sejak kecil. Ditambah lagi keluarganya merupakan penguasaha batik ternama di Bandung, yaitu Batik Komar. Hal inilah yang memicu mahasiswi lulusan S1 Fakultas Seni Rupa dan Desai (FSRD) ITB ini untuk melanjutkan tongkat estafet keluarganya dalam memproduksi dan membangun usaha batiknya sendiri.

Produk batik milik Putri memang terbilang unik. Hal ini disebabkan dalam proses produksinya, ia menggunakan teknik perwarnaan ala Jepang, yakni mengandalkan ikatan dan celupan yang disebut dengan shibori. Oleh karena itulah, pakaian batiknya ini diberi nama shibotik.

Dalam memproduksi batik kelas dunia, tentu tidak hanya terjadi dalam semalam. Mahasiswi penerima beasiswa LPDP S2 jurusan Fashion Design di University of Southampton ini juga harus mempelajari teknik pewarnaan shibori langsung di negeri asalnya, Jepang.

Ditambah lagi riset dan eksplorasi yang dilakukan Putri untuk menghasilkan produk shibotik ini memakan waktu sekitar 5 tahun lamanya.

"Untuk semakin menajamkan ciri khas produknya, Putri bahkan harus hijrah ke Jepang untuk langsung mempelajari teknik pewarnaan Shibori. Perlu riset dan eksplorasi mendalam setidaknya lima tahun untuk Putri membangun produk Shibotik," bunyi keterangan tertulis tersebut yang dikutip detikEdu dari akun Instagram resmi LPDP, Senin (21/6/2021).

Hasilnya hingga kini, mahakarya batiknya telah disulap menjadi brand pakaian miliknya sendiri dan dapat dikunjungi akun Instagramnya di @shibotik.id. Produknya juga telah hadir dalam berbagai pameran dan panggung mode di berbagai dunia.

Sebagai penutup, Putri juga mengajak generasi muda untuk bekerja keras dalam meraih kesuksesan. Sebab selalu ada pengorbanan dan perjuangan yang mengiringinya.

"Orang sukses jangan hanya dilihat sisi suksesnya saja, namun juga harus dilihat bagaimana proses, dan kemauan untuk mencoba di masa perjuangannya hingga saat ini," tulis keterangan tersebut.



Simak Video "Cerita Inspiratif Fanboy yang Berhasil Raup Cuan Gara-gara K-Pop"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia