Akan Gandeng ITB, KBRI Tokyo-Universitas Osaka Jalin Kerja Sama Hadapi Pandemi

Kristina - detikEdu
Sabtu, 19 Jun 2021 12:46 WIB
Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan Presiden Universitas Osaka, Shojiro Nishio, menandatangani kerja sama di bidang Kesehatan, Pangan dan Bioteknologi di Osaka Jumat (18/6).
Gandeng ITB, KBRI Tokyo-Universitas Osaka Jalin Kerja Sama Hadapi Pandemi (Foto: Foto KBRI Tokyo)
Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui KBRI Tokyo menjalin kerja sama dengan Universitas Osaka dalam bidang Kesehatan, Pangan, dan Bioteknologi. Kerja sama ini juga akan melibatkan beberapa institusi terkait, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kesepakatan kerja sama ini ditandatangani oleh Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi dan Presiden Universitas Osaka, Shojiro Nishio, Jumat (18/6/2021).

Dalam mendorong kerjasama yang konkrit dengan Universitas Osaka, Heri mengatakan perlu melakukan komunikasi dengan pihak terkait. Adapun, pihak-pihak yang dimaksud antara lain Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Institut Teknologi Bandung dan lembaga penelitian di Indonesia.


Kerja sama antar pemangku kepentingan di bidang Kesehatan, Pangan, dan Bioteknologi merupakan langkah bersama antara pemerintah Indonesia dan Jepang dalam menghadapi pandemi global.

"Amat penting kerjasama internasional antara Indonesia dan Jepang dalam menanggapi pandemi global. KBRI Tokyo menyambut baik upaya memperkuat kerja sama yang sudah ada maupun yang akan datang antara Indonesia dan Jepang. Terutama antar pemangku kepentingan di bidang kesehatan, pangan dan bioteknologi." kata Heri dalam keterangannya, Sabtu (19/6/2021).

Penandatanganan kerjasama ini menggarisbawahi pentingnya kerja sama internasional pada masa pandemi global COVID-19. Termasuk, mempromosikan tujuan pembangunan berkelanjutan di bidang terkait.

"Indonesia meyakini komunitas global harus bekerja lebih erat lagi untuk mengatasi krisis global yang dipicu pandemi COVID-19, mengingat tidak ada satupun negara yang mampu mengatasi pandemi COVID-19 ini tanpa melakukan kerja sama dengan negara lain," paparnya.

Kesepakatan kerjasama antara KBRI Tokyo dan Universitas Osaka merupakan tindak lanjut kunjungan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga ke Indonesia pada Oktober 2020 lalu. Salah satu hasil penting yang mendapat perhatian Presiden Joko Widodo dan PM Yoshihide Suga adalah kesepakatan penguatan kerjasama lebih erat di bidang kesehatan antara Indonesia - Jepang.

Turut hadir mendampingi Dubes Heri Akhmadi, Konsul Jenderal RI Osaka Diana ES Sutikno dan pejabat KBRI dan KJRI lainnya.

Simak Video "Bangganya Melihat Batik Indonesia Mejeng di Takashimaya Tokyo"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia