Bisa Lewat Online, Cek Cara Daftar PKL dan Kunjungan ke PPSDM Migas

Jihaan Khoirunnisaa - detikEdu
Senin, 14 Jun 2021 15:58 WIB
PPSDM Migas
Foto: PPSDM Migas
Jakarta - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) Kementerian ESDM sering dijadikan tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) serta Kuliah Kunjungan Lapangan (KKL) oleh pelajar maupun mahasiswa dari seluruh Indonesia. Hal ini karena PPSDM Migas dinilai memiliki sarana dan fasilitas yang memadai untuk mendukung peningkatan ilmu tentang dunia kemigasan atau perkantoran.

Adapun pilihan tempat PKL, yaitu di Kilang yang terdiri dari Crude Distilling Unit (CDU) dan Boiler, Water Treatment Plant, serta Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan, Workshop Mekanik dan Workshop Instrumentasi, Laboratorium Pengujian, Laboratorium Pemboran serta Perkantoran secara umum.

Sub Koordinator Sarana Prasarana Pengembangan SDM PPSDM Migas, Yoeswono menjelaskan salah satu contoh ketika mahasiswa melakukan PKL atau KKL di di boiler maka mereka akan mendapatkan ilmu tentang boiler. Boiler merupakan salah satu unit penunjang operasi kilang yang menyediakan steam (uap panas) ke kilang sebagai steam stripper/reboiler dan untuk flushing perpipaan.

"Para mahasiswa akan mendapatkan ilmu yang sangat teknis, tentang boiler yang juga mensuplai udara bertekanan untuk operasi instrumentasi kilang, itu nanti yang salah satu materi yang akan didapat selama melakukan PKL atau KKL di Kilang PPSDM Migas," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (14/6/2021).

Di samping fasilitas, Yoeswono menyebut kemudahan pendaftaran yang dilakukan online menjadi daya tarik lainnya. Penanggung jawab PKL dan KKL PPSDM Migas, Harwito menyebut untuk mendaftar PKL, pelajar atau mahasiswa hanya perlu mengunjungi laman website PPSDM Migas, lalu pilih lokasi yang diminati dan mengisi form pendaftaran secara lengkap. Lewat website tersebut, pelajar dan mahasiswa juga dapat mengecek ketersediaan kuota bulanan.

"Mengajukan PKL di PPSDM Migas dapat dilakukan secara online, mudah sekali tinggal ikuti alurnya di website PPSDM Migas, www.ppsdmmigas.esdm.go.id. Nanti dari PPSDM Migas akan mengirimkan email notifikasi untuk pemberitahuan prosesnya lebih lanjut," jelasnya.

Sedangkan untuk pendaftaran KKL juga bisa dilakukan secara online. Calon peserta dapat mengisi form pendaftaran yang tersedia di laman PPSDM Migas. Pada kolom pendaftaran, calon peserta cukup mengisi nama instansi, alamat instansi, tanggal kunjungan, nomor kontak, serta harus meng-upload lampiran surat dan proposal untuk kemudian diproses lebih lanjut.

"Kemudahan-kemudahan inilah yang menjadikan PPSDM Migas masih menjadi tempat favorit untuk PKL dan KKL. Ini terbukti selama Semester 1 di tahun 2021 ini jumlah total peserta PKL sebanyak 1.056 orang terdiri dari mahasiswa dari PT dan siswa dari SMK seluruh Indonesia," tandasnya.

Menurut Harwito, hingga Juni 2021 sudah ada 229 orang dari seluruh universitas di Indonesia yang mengikuti KKL baik luring maupun daring.

"Mahasiswa yang melakukan KKL di PPSDM Migas, antara lain dari Universitas Proklamasi Jakarta, Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe, PEM Akamigas, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro yang melakukan kunjungan ke Laboratorium Pemboran, Laboratorium Operasi Produksi, Power Plant, Kilang PPSDM Migas, Boiler, Water Treatment, serta Laboratorium Listrik," ungkapnya.

"Total ada 1.285 siswa dan mahasiswa yang mengikuti PKL dan KKL di PPSDM Migas," pungkasnya. (ncm/ega)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia