Lulus UI dengan IPK 4, Berikut Kisah Cev yang Suka Matematika

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 26 Mei 2021 19:22 WIB
Wisudawan terbaik UI
Foto: screenshoot situs UI/Lulus UI dengan IPK 4, Berikut Kisah Cev yang Suka Matematika.
Jakarta - Mahasiswa berprestasi UI, Christian Evan Chandra berhasil menjadi lulusan terbaik di wisuda virtual UI pada Maret lalu. Cev berhasil mendapatkan IPK sempurna yaitu 4 dan menempuh masa studi selama 3,5 tahun.

Dikutip dari situs UI, Cev bercerita tidak asal mengambil prodi ilmu aktuaria. Dia menyukai matematika sejak kecil. Prodi ilmu aktuaria juga menyediakan ujian sertifikasi melalui mata kuliah yang disetarakan. Sisa ujian sertifikasi bisa ditambah saat kerja

"Sejak kecil, saya memiliki ketertarikan terkait implementasi matematika, komputasi, ekonomi, bisnis, dan pengelolaan finansial di industri keuangan, khususnya asuransi. Prodi yang paling relevan dengan minat tersebut adalah prodi Ilmu Aktuaria," kata Cev.

Lulus di waktu singkat dan sarat prestasi, Cev mengatakan sangat bersyukur. Cev lulus dengan skripsi berjudul Metode Bayesian dan Bootstrap untuk Mengestimasi Tabel Mortalitas Lengkap dan Rentang Premi Murni Asuransi Jiwa Tahunan di Indonesia Berdasarkan Tabel Mortalitas Ringkas.

"Saya sangat bersyukur kepada Tuhan atas anugerah menjadi lulusan terbaik, sekaligus memberikan yang terbaik bagi program studi baru ini baik di tingkat fakultas maupun universitas. Saya tidak pernah menyangka sebelumnya, mengingat proses belajar yang menantang dan teman-teman yang cukup kompetitif," kata Cev yang dikutip melalui laman UI (26/5/2021).

Lingkungan yang kompetitif sebetulnya hanya salah satu tantangan kuliah di ilmu aktuaria UI. Tantangan lain adalah harus mengerjakan studi kasus dengan cepat, akurat, dan fleksibel. Tentunya dengan literatur yang cocok meski mencarinya kadang sangat tricky.

Meski begitu, Cev sangat senang bisa kuliah di UI yang kadang disebut kampus kuning. Cev menilai dosen yang membimbingnya sangat profesional, terbuka, dan bisa diskusi hal baru. Dukungan lain adalah lingkungan kampus yang asri serta sarana yang memadai.

Usai menyelesaikan studi di UI, Cev berharap dapat berkarir sebagai aktuaris dan menempuh ujian profesi. Dia juga berharap dapat melanjutkan pendidikan dan riset terkait ilmu aktuaria.

Simak Video "Tanda Tangan Jokowi Bikin Rektor UI Bisa Rangkap Jabatan"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia