Lebaran di Negeri Rantau

Kisah Mahasiswa RI Lebaran di Italia: Sholat Id di Apartemen Mahasiswa

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 17 Mei 2021 18:00 WIB
Lebaran mahasiswa Indonesia di Italia (dok. Pri)
Rara (dua dari ki) berlebaran bersama mahasiswa Indonesia di Italia. (dok. Pri)
Jakarta - Salah seorang mahasiswa Indonesia di Sapienza University of Rome Italia, Rara Maulina, membagikan pengalaman lebaran pertamanya menjadi seorang mahasiswa perantau di Italia. Salah satunya adalah pengalaman sholat Idul Fitri di negara yang memiliki sebutan negara The Boot tersebut.

Menurut penuturannya, masjid-masjid di sekitar Italia tidak buka selain dari hari Jumat. Sementara itu, Hari Raya Idul Fitri kemarin bertepatan dengan hari Kamis. Oleh karena itu, para mahasiswa Indonesia di Roma berinisiatif untuk menyelenggarakan sholat Idul Fitri sendiri.

Jumlah mahasiswa muslim Indonesia yang ada di Roma hanya sekitar 7 orang saja. Oleh karena itu, sholat Idul Fitri pun hanya bisa dilaksanakan di salah satu apartemen dari mahasiswa Indonesia tersebut.

"Kebetulan lebaran di hari Kamis, jadi mahasiswa Indonesia di Roma inisiatif untuk sholat Id bersama di apartemen Indonesia tersebut," cerita Rara pada detikEdu dalam Program Lipsus detikcom dengan PPID (PPI Dunia).

Rara juga menjelaskan, lebaran tahun ini merupakan lebaran pertamanya di Italia. Ia mulai menetap di Italia sejak Desember 2020 kemarin untuk kelanjutan studi S1-nya di jurusan Global Humanities.

Ia pun mendapat cerita dari teman-teman mahasiswa Indonesia lain yang ada di Roma bahwa di Italia sendiri tidak pernah mengadakan libur lebaran. Bahkan untuk tahun ini pun, Rara masih mengalami hal yang serupa.

Tepatnya hari kedua perayaan Hari Raya Idul Fitri, Rara masih dijadwalkan ke kampus untuk melaksanakan ujian.

"Lebaran tidak pernah libur di sini. Seperti halnya yang Rara alami beberapa hari yang lalu, Rara tetap masuk bahkan besoknya juga ujian (tepatnya) hari kedua lebaran. Tidak ada kata libur waktu lebaran," katanya.

Sebelum masa pandemi COVID-19, biasanya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Italia menyelenggarakan agenda sejenis open house untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama. Namun, faktor pembatasan sosial membuat open house untuk lebaran tahun ini ditiadakan.

Untuk menyiasati hal tersebut, salah seorang mahasiswa Indonesia yang apartemennya ditempati untuk sholat Id pun menyelenggarakan lebaran bersama di apartemennya.

"Biasanya Kedubes selalu buka open house tiap lebaran, cuman karena ini pandemi jadi tidak buka. Dan kemarin itu beberapa mahasiswa Indonesia inisatif buat acara lebaran bersama, acara kecil-kecilan," terang Rara.

Untuk menikmati makanan khas lebaran, sang tuan rumah pun menyajikan opor ayam untuk teman-temannya yang datang. Kemudian, teman-temannya yang lain masing-masing membawa makanan kecil berupa kue lebaran ke apartemen tersebut. Rara mengaku membawa salah satu kue lebaran yaitu, kue lidah kucing.

"Kemarin Rara juga bawa lidah kucing. Kebetulan di sini ada di supermarket (yang) jual kue lebaran sejenis lidah kucing," imbuhnya.

Selain itu, Rara juga diajak makan bersama oleh teman satu apartemennya, mahasiswa dari Bangladesh, untuk merayakan lebaran bersama. Ia pun dicicipi makanan-makanan khas lebaran dari Bangladesh, salah satunya adalah nasi briyani.

"(Mahasiswa Bangladesh) mengajak makan seperti adat mereka juga, (ada) makanan nasi briyani salah satunya menjadi makanan khas mereka tiap lebaran," ujar Rara.

Simak Video "Potret Warga Semarang Halal Bihalal dengan Prokes"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia