Studi di Luar Negeri

Kisah Mahasiswa RI Berkuliah di Turki: Banyak Teman dan Relasi Baru

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 17 Mei 2021 08:09 WIB
Kisah Mahasiswa RI Berkuliah di Turki: Banyak Teman dan Relasi Baru
Foto: Dok Pribadi/Kisah Mahasiswa RI Berkuliah di Turki: Banyak Teman dan Relasi Baru
Jakarta - Fauzul Azhim merupakan mahasiswa S2 di Istanbul Sabahattin Zaim University (IZU) jurusan Political Science and International Relation. Fauzul bercerita keseruannya berkuliah di Turki, salah satunya bisa mengetahui berbagai jenis budaya dalam Program Lipsus detikcom dengan PPID (PPI Dunia),

"Yang pastinya ini pengalaman yang luar biasa bisa berkuliah di luar negeri. Menurut saya mesti dicoba oleh kaum milenial karena pertama akan mengetahui dunia luar dan juga perbedaan kultur budaya, itu sangat terlihat di sini yang mana berbeda dengan di Indonesia. Walaupun memang menurut teman-teman di sana Turki sama kok mayoritas Islam," ujar Fauzul pada detikEdu.

Kisah Mahasiswa RI Berkuliah di Turki: Banyak Teman dan Relasi BaruKisah Mahasiswa RI Berkuliah di Turki: Banyak Teman dan Relasi Baru Foto: Dok Pribadi

Ternyata menurut Fauzul, ketika sampai di Turki masyarakat Turki lebih bergaya Barat. Jadi, gaya hidup merujuk pada kehidupan Barat dan cenderung lebih bebas.

"Cara berpakaian dan lain-lain atau berperilaku di tempat public cenderung bebas dalam artian tidak mengganggu orang lain. Jadi selagi itu tidak mengganggu orang lain tidak akan menegur," papar mahasiswa asli Padang ini.

Lebih lanjut ketika berkuliah di Turki, Fauzul beranggapan bahwa kultur budaya sangat lah berbeda. Fauzul bercerita bahwa akan menemukan banyak teman baru dari negara-negara lain dan menambah relasi sehingga bisa menambah nilai diri.

"Kalau kita aktif di organisasi itu akan menambah value kita. Karena di organisasi menambah banyak sekali relasi. Kita bisa bertemu dengan orang penting yang mana di Indonesia kita susah bertemu dengan beliau," kata mahasiswa IZU ini.

Hal yang mengesankan lainnya, adalah setelah bertemu orang penting. Sebab, hal itu semakin memotivasi diri Fauzul.

"Kita bisa tahu dan kita bisa contoh yang baik-baik dan bisa menjadi motivasi untuk ke depan. Ini menurutku penting kalau memang bisa kuliah ke luar negeri, ambil. Jangan di sia-siakan karena tidak semua orang bisa mendapatkan itu," papar Fauzul.

Kuliah di Masa Pandemi. Klik selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cekcok Menlu Turki-Yunani di Konferensi Pers"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia