Viral Baliho Ajakan Alumni SMK Korban PHK Balik ke Sekolah, Ini Faktanya

Puti Yasmin - detikEdu
Minggu, 16 Mei 2021 11:02 WIB
Viral Baliho Ajakan Alumni SMK Korban PHK Balik ke Sekolah
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Viral sebuah gambar baliho bertuliskan ajakan alumni SMK Muhammadiyah 3 Metro yang menjadi korban PHK untuk kembali ke sekolahnya. Ajakan tersebut juga bertuliskan bahwa para mereka akan mencari solusi bersama.

"Bagi Alumni SMK Muhammadiyah 3 Metro Korban PHK Masal Harap kembali ke sekolah. Kita cari solusi bersama," bunyi baliho tersebut dikutip detikEdu, Minggu (16/5/2021).

Viral Baliho Ajakan Alumni SMK Korban PHK Balik ke SekolahViral Baliho Ajakan Alumni SMK Korban PHK Balik ke Sekolah Foto: Dok. Istimewa

Gambar baliho tersebut pun viral di sosial media Twitter dan mendapat likes lebih dari 31 ribu dan retweet hingga 10 ribu orang. Bahkan salah satu netizen mengungkapkan kekagumannya terhadap program tersebut.

"Keren banget ya.. temu alumni ga cuma jadi ajang branding diri soal prestasi dan pencapaian, tapi juga mencari solusi buat teman sejawat yang sedang kesusahan. Masih berharap semoga almamaterku juga bisa kaya gini," tweet @ariskanellyy.

Lantas, seperti apa fakta sebenarnya baliho SMK Muhammadiyah 3 Metro?

Dihubungi detikEdu, Tim Humas SMA Muhammadiyah 3 Metro menjelaskan bahwa baliho yang dipasang adalah inisiatif dari semua pihak sekolah. Hal itu karena banyaknya kabar pemutusan kerja di sekitar lingkungannya.

"Pandemi ini kita lihat di berita banyak karyawan yang dirumahkan. Pasti ada siswa kita juga nih, pasti ada anak-anak kita seperti in. Akhirnya tim manajemen, kepala sekolah, wakil, dan guru terkait ajak ngobrol, kira-kira solusinya apa yang kita tawarkan, akhirnya kita berpendapat undang saja alumni yang terdampak COVID-19 ke sekolahan," terang dia saat berbincang dengan detikEdu.

Lebih lanjut, ia menjelaskan program ini akan turut menggandeng para alumni untuk menjadi pendamping lulusan yang terkena PHK apabila ingin menjadi wirausahawan. Bahkan, pihaknya juga akan turut membantu untuk proses pengajuan pinjaman modal.

"Kalau ada siswa kita yang mau berwirausaha oke lah. Kalau ada yang ingin seperti apa, nanti kita carikan pendamping. Pendamping yang wirausahawan, jadi ketika ada alumni yang mau wirausaha kita carikan pendamping, kan alumni di sini ada yang berwirausaha dan mau membantu, kita sudah konfirmasi," papar dia.

"Jika ada yang terdampak dan belum punya modal, kita akan carikan melalui lembaga keuangan yang sudah berkomunikasi dengan SMK. Dari situ, kita cari solusinya dan kita nggak lepas begitu saja, kita dampingi sepanjang mau," ungkap tim humas tersebut.

Sementara itu, program untuk korban PHK pandemi COVID-19 SMK Muhammadiyah 3 Metro ini rencananya akan dilaksanakan pada bulan ini. Pemasangan baliho merupakan soft launching untuk menginformasikan para alumni agar mereka segera bisa didata oleh pihak sekolah.



Simak Video "Ahli: Pandemi Ini Sudah Terkendali, Tapi yang Mengendalikan Virus"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia