Cerita Pemburu Beasiswa

Kisah Inspiratif Mahasiswa RI Raih Beasiswa di Turki: Bermula dari Kerja di Kampus

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 15 Mei 2021 20:30 WIB
Kisah Inspiratif Mahasiswa RI Raih Beasiswa
Foto: Dok. Fauzul Azhim/Kisah Inspiratif Mahasiswa RI Raih Beasiswa di Turki: Bermula dari Kerja di Kampus
Jakarta -

Fauzul Azhim merupakan mahasiswa S2 di Istanbul Sabahattin Zaim University (IZU) jurusan Political Science and International Relation. Fauzul bercerita bahwa dirinya mendapatkan beasiswa dari kampusnya.

Awal mulanya, Fauzul adalah seorang pegawai di bagian International Office di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Dari situlah dirinya bisa mendapatkan beasiswa di Turki.

"Waktu itu ada kunjungan dari Turki dan mengundang seluruh pesantren-pesantren di beberapa kota di Indonesia jadi ada yang dari NTB, Sumatera, Kalimantan juga ada. Datang ke UMJ untuk sosialisasi dari Turki dan kerja sama dengan universitas dari Turki. Waktu itu saya penanggungjawabnya dan mendapatkan informasi beasiswa dari sini," cerita Fauzul kepada detikEdu, Sabtu (15/5/2021) dalam Program Lipsus detikcom dengan PPID (PPI Dunia).

Kisah Inspiratif Mahasiswa RI Raih BeasiswaKisah Inspiratif Mahasiswa RI Raih Beasiswa Foto: Dok. Fauzul Azhim

Lalu Fauzul melamar beasiswa di Turki tersebut dan kebetulan juga ada orang Indonesia juga yang bekerja di IZU. "Saya apply memasukkan berkas dan lain-lain. Seleksinya seleksi berkas, lumayan sih. Sekitar ada ratusan yang apply. Cuma karena memang beasiswa dari kampus mereka memfasilitasi tuition feenya saja," ujar mahasiswa yang di Indonesia tinggal di Jakarta ini.

Fauzul juga bercerita jika beasiswa di Turki tersebut hanya sebatas tuition fee saja. Untuk menambah biaya hidup berkuliah di Turki dirinya mencari dana tambahan ke lembaga zakat.

"Jadi gak sampai biaya hidup dan kemudian selebihnya saya mencari dana tambahan ke lembaga-lembaga zakat. Jadi mungkin seperti baznas kan ada itu pendanaan untuk membantu pendanaan kuliah ke luar negeri. Saya apply di situ," papar mahasiwa IZU tersebut.

Turki merupakan negara yang telah didambakan Fauzul untuk melanjutkan studi. Dirinya mengaku sudah mengamati Turki sejak tahun 2009 tepatnya sejak dia masih berstatus sebagai pelajar SMP.

"Karena memang pergerakan politik Turki sangat menarik lah menurut saya. Saat ini adalah era west civilisation dunia barat yang menguasai, tetapi Turki muncul di kancah politik internasional. Itu dimana 2009 Turki menyuarakan terkait Palestine di forum ekonomi internasional yang mana hadir beberapa kepala negara juga di situ," cerita Fauzul.

Selain itu Fauzul juga menulis skripsi tentang Turki sebagai syarat kelulusan kuliah S1.
"Mungkin ini jodoh juga karena setelah lulus S1 kemudian ketemu langsung dengan Turki yang ke Indonesia itu kemudian saya diterima di Turki," ujar Fauzul.

Klik halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia