5 Lokasi yang Pernah Jadi Lokasi Syuting Film di UI

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 14 Mei 2021 10:01 WIB
Ilustrasi Kampus UI, Depok
Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO/5 Lokasi yang Pernah Jadi Lokasi Syuting Film di UI
Jakarta - Kampus Universitas Indonesia memang memiliki daya tarik yang beragam. Mulai dari reputasi kampus, prestasi civitas akademiknya, hingga lokasi-lokasi yang indah dan jadi ciri khas UI.

Lokasi seperti Jembatan Teksas, Danau UI, hingga Taman Lingkar kerap menjadi destinasi foto orang yang berkunjung. Bahkan beberapa lokasi lain pernah digunakan sebagai lokasi syuting film karena lingkungannya yang indah dan cocok untuk sebuah adegan. Nah, ini dia beberapa lokasi syuting film di UI, yuk simak!

Lokasi di UI yang Jadi Tempat Syuting Film

  • 1. Air Mancur Makara

Terletak di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, air mancur ini biasanya digunakan mahasiswa untuk duduk santai sambil membaca buku atau sekadar ngobrol dengan teman karena tempatnya yang asri. Lokasi ini pernah digunakan untuk syuting film 5 CM lho, film yang dibintangi Fedi Nuril, Herjunot Ali, Raline Shah, Saykoji, Pevita Pearce, dan Denny Sumargo tersebut pernah mengambil salah satu adegannya di air mancur Makara.

Adegan saat Ian yang diperankan oleh Saykoji akhirnya mendapatkan surat rekomendasi sidang skripsi dari sang dosen pembimbing diambil dengan latar ini.

  • 2. Daerah Balairung

Lokasi syuting film di UI yang kedua, ada di daerah Balairung. Saat itu tahun 2009, film Sang Pemimpi, sekuel dari film Laskar Pelangi ini mengambil salah satu adegannya di Balairung yaitu adegan Arail yang diperankan Ariel Noah dan Ikal yang diperankan oleh Lukman Sardi dinyatakan lulus dari kuliah.

Ada yang menarik di sini, saat beberapa hari sebelum syuting berlangsung, Balairung digunakan untuk kegiatan 4.500 mahasiswa baru dan pihak UI belum memberi kepastian bisa digunakan syuting kapan. Untungnya di tengah ketidakpastian tersebut kemudian UI akhirnya memberi izin dan salah satu scene dari film Sang Pemimpi pun berhasil diambil di lokasi tersebut.

  • 3. Perpustakaan Pusat UI

Salah satu adegan di film Hujan Bulan Juni yang diambil dari buku Puisi sastrawan Sapardi Djoko Sapono ini mengambil salah satu scene mereka di perpustakaan pusat UI, yaitu di area dalam ketika Pingkan dan Sarwono sedang berbincang sambil berjalan. Tidak hanya film, lokasi ini juga menjadi tempat syuting video klip lagu 'Gemilang' oleh penyanyi Andien

  • 4. Taman Lingkar

Masih dari film Hujan Bulan Juni, scene ngobrol antara Pingkan dan Sarwono juga mengambil lokasi di Taman Lingkar dekat pohon besar. Taman ini menghadap danau dan terletak di depan perpustakaan pusat.

Ada semacam tribun kecil yang digunakan banyak mahasiswa untuk sekadar nongkrong atau bahkan belajar. Tempat ini juga pernah digunakan untuk syuting program musik milik salah satu televisi.

  • 5. Pusat Studi Jepang

Lokasi satu ini pasti sudah tidak asing lagi, baik untuk yang suka menonton film. Jalan semacam koridor menanjak dengan pagar besi tiap sisinya menjadi tempat yang sering ditemui di layar kaca. Bahkan dari mahasiswa UI nya sendiri sampai biasa dengan pemandangan mobil pick up yang digunakan untuk mengangkut peralatan syuting.

Nah, itu tadi beberapa lokasi syuting film di UI. Lokasi-lokasi tersebut bisa dikunjungi oleh siapa saja, baik untuk keperluan syuting maupun hanya sekadar ngobrol dan mengambil foto. Jangan lupa minta izin ya jika ingin syuting!

Simak Video "BMKG Gandeng UI Tingkatkan Kapasitas Sains dan Teknologi"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia