Puasa di Negeri Rantau

Kisah Mahasiswa RI Puasa di Meksiko: Sahur Jam 6 Pagi, Buka Pukul 8 Malam

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 04 Mei 2021 08:30 WIB
Puasa di Negeri Rantau Meksiko
Foto: Dok Pribadi/Kisah Mahasiswa RI Puasa di Meksiko: Sahur Jam 6 Pagi, Buka Pukul 8 Malam
Puasa di Tengah Pandemi

Walaupun pandemi COVID-19 membuat dirinya tetap bisa berada di dalam rumah dan tak kelelahan selama bulan puasa, kata Anggi, ada sisi menyedihkannya juga. Sebab, ia sebagai minoritas tidak bisa berkumpul dan merayakan bulan puasa bersama muslim lainnya.

"(Pandemi) memang membuat segalanya lebih mudah karena kita harus melakukan jadwal di rumah dan tidak perlu lelah ke luar. Tapi tahun ini harus memperkuat ikatan dengan komunitas, terlebih sebagai minoritas di sini, jadi tidak bisa merayakan dengan muslim yang lain," sambungnya.

Wanita yang tengah menempuh perkuliahan di National Autonomous University of Mexico (UNAM) jurusan Arts dan Design ini juga mengisahkan momen spesial di bulan puasa yang selalu ia lakukan, yakni menghabiskan waktu bersama keluarga. Ia juga kerap menolong untuk menyiapkan makanan untuk berbuka.

Puasa di Negeri Rantau MeksikoPuasa di Negeri Rantau Meksiko Foto: Dok Pribadi

Sementara itu, ia kerap menyiapkan ketupat, opor ayam, kue nastar, hingga sayur labu siam saat perayaan Idul Fitri tiba. Anggi pun berharap pandemi di tahun depan bisa menjadi lebih baik lagi sehingga ia bisa berkumpul kembali bersama muslim lainnya untuk merayakan hari Kemenangan.

"Semoga (dengan) doa kita dapat melewati situasi yang sulit ini. Dan agar kita bisa diampuni dan tetap setia pada iman dan bersyukur atas semua rahmat-Nya," tutup Anggi.



Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]

(pay/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia