Nadiem Berikan Beasiswa untuk Anak Awak KRI Nanggala-402: Negara Berutang Budi

Puti Yasmin - detikEdu
Jumat, 30 Apr 2021 16:10 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto temui keluarga kru KRI Nanggala-402 di Surabaya, Jatim
Foto: dok. Puspen TNI/Ilustrasi Nadiem Berikan Beasiswa untuk Anak Awak KRI Nanggala-402: Negara Berhutang Budi
Jakarta - Pemerintah melalui Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim berkomitmen untuk mendukung pendidikan putra putri awak kapal KRI Nanggala-402 yang gugur dalam tugas. Langkah itu, dilakukan dengan memberikan beasiswa pendidikan.

Nadiem mengungkapkan bahwa negara berutang budi kepada para awak kapal KRI Nanggala-402. Untuk itu, pemerintah berkomitmen membantu keluarga dengan memberikan beasiswa pendidikan kepada 53 putra putri awak kapal.

"Negara ini berutang budi, bahkan nyawa kepada awak KRI Nanggala 402. Membantu anak-anak para patriot ini agar dapat mengenyam pendidikan adalah setidaknya yang dapat kami lakukan," kata Nadiem dalam rilis yang diterima detikEdu.

Mantan bos Go-Jek ini juga menyampaikan duka yang mendalam kepada para keluarga. "Keluarga besar di kementerian sangat berdukacita atas wafatnya para patriot penjaga kedaulatan negara," sambung dia.

Lebih lanjut, Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Abdul Kahar menjelaskan pada tahap awal beasiswa baru akan diberikan kepada 51 anak awak kapal KRI Nanggala-402. Beasiswa tersebut, untuk seluruh jenjang mulai dari SD hingga perguruan tinggi.

"Beasiswa pendidikan diberikan bagi seluruh anak keluarga KRI Nanggala-402. Pada tahap awal akan diberikan beasiswa kepada 51 anak, yang terdiri dari 34 anak jenjang SD, 5 anak jenjang SMP, 4 anak jenjang SMA, dan 8 anak jenjang pendidikan tinggi," imbuh Abdul.

Selanjutnya, beasiswa pendidikan akan diberikan pemerintah pada anak awak KRI Nanggala-402 yang masih balita saat memasuki pendidikan formal. Semua dilakukan secara bertahap.

"Tahun ini, beasiswa diberikan bagi putra-putri yang sudah masuk pendidikan formal. Nantinya, beasiswa akan diberikan juga bagi putra-putri yang saat ini masih balita. Kesemuanya dilakukan secara bertahap," tegasnya.

Selanjutnya, beasiswa pendidikan oleh pemerintah ini akan diatur dan dikelola mekanismenya oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut. Hal ini sesuai dengan pesan presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bersilaturahmi dengan keluarga awak KRI Nanggala 402.

"Untuk putra-putri dari ibu-ibu sekalian nanti akan diatur oleh negara agar bisa sampai kuliah di perguruan tinggi," terang Jokowi

Simak Video "Baju Keselamatan Awak KRI Nanggala-402 Belum Sempat Dipakai"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia