Puasa di Negeri Rantau

Kisah Puasa Mahasiswa RI di Taiwan: Tarawih Berjamaah di Gedung Kuliah

Trisna Wulandari - detikEdu
Kamis, 22 Apr 2021 12:30 WIB
Kisah puasa mahasiswa
Foto: Dok. Jihan Nabillah Hanun/Kisah Puasa Mahasiswa RI di Taiwan: Tarawih Berjamaah di Gedung Kuliah

Puasa saat pandemi

Jihan menuturkan, regulasi protokol kesehatan kini sudah lebih longgar dibanding Ramadhan tahun lalu. Ia tidak diwajibkan lagi memakai masker kecuali di transportasi umum.

Tahun lalu, ia harus berkuliah daring dan tarawih sendiri di kos. Kedai makanan juga kebanyakan tutup total. "Orang-orang di sini patuh sekali, tidak ada yang keluar rumah saat angka kasus positif tahun lalu naik," tutur alumnus SMAN 1 Sooko, Mojokerto ini.

Kondisi ini membuat dia lebih rindu rumah. Beruntung, tahun ini ia sudah lebih leluasa beribadah dan berkuliner bersama teman-teman muslim di CYCU.

Jihan biasanya melepas rindu makan makanan Indonesia bersama teman-teman di daerah Zhongli dan Longgang.

Jihan bercerita, kuliner di Zhongli di antaranya ayam geprek kesukaannya, bakso halal di kedai makanan Formosa, lontong sayur, dan pempek. Sementara di Longgang ada niu rou mian, semacam mie daging sapi halal dan nasi uduk, nasi kuning, opor ayam, dan makanan relatif murah lainnya di prasmanan Bu Wati.

Pasar malam dekat kampusnya juga sudah mulai kembali buka sejak siang sampai tengah malam. "Ada stingy tofu di sana, favorit. Meskipun bau, tapi teksturnya seperti tahu khas Indonesia," tuturnya tertawa.

Aktivitas bersama teman-teman membantu Jihan mengurangi rasa rindunya pulang ke Indonesia. Dua tahun terakhir, alumnus teknik pengolahan limbah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Jawa Timur ini masih tidak disarankan untuk pulang ke Indonesia mengingat angka kasus positif Covid-19 yang masih tinggi.

Di sisi lain, biaya tiket yang naik dua kali lipat, masa karantina berbayar, dan isolasi mandiri sekembalinya ke Taiwan membuat Jihan berpikir ulang untuk pulang ke Indonesia. Karenanya, ia bertahan melewati puasa Ramadhan hingga kelulusan di perantauan.

"Menunggu harga tiket turun dan kondisi membaik saja," demikian Jihan.



Simak Video "Taiwan Pamer Kapal Perang Amfibi Terbaru untuk Perkuat AL"
[Gambas:Video 20detik]

(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia