Makna Lambang Osis SMP dan SMA Ternyata Tidak Sama, Ini Bedanya

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 20 Apr 2021 21:24 WIB
Presiden Jokowi menerima perwakilan OSIS SMA berprestasi se-Indonesia di Istana Bogor, Jawa Barat.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Detikers pastinya sangat familiar dengan lambang Organisasi Intra Sekolah (OSIS) yang sejak SMP hingga SMA tersemat di seragam. Tapi, apa detikers sudah paham dengan makna di balik lambang tersebut?

Berdasarkan situs Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, OSIS adalah salah satu bentuk pembinaan untuk mewujudkan Wawasan Wiyata Mandala.

Bagi detikers yang belum tahu, Wawasan Wiyata Mandala adalah pandangan atau tinjauan mengenai lingkungan pendidikan/pengajaran, begitu menurut sebuah jurnal dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Rupanya sejak awal, pencipta dari lambang OSIS ingin menyampaikan pesan masing-masing melalui perbedaan warna yang ada di seragam SMP dan SMA.

Mengutip dari Direktorat Sekolah Menengah Pertama, pencipta dari lambang OSIS adalah Idik Sulaiman Nataatmadja yang pada tahun 1979 hingga 1983 menjabat sebagai Direktur Pembinaan dan Kesiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Warna kuning logo OSIS yang ada di seragam sekolah SMP mempunyai makna kehormatan.

Maksudnya, siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan melakukan amanah/ kepercayaan dengan baik dan berkontribusi pada tanah air melalui organisasi.

Sedangkan warna coklat yang ada dalam logo OSIS Sekolah Menengah Atas (SMA), masih mengutip dari laman yang sama, mempunyai makna kedewasaan dan rela berkorban demi tanah air.

Walaupun mempunyai makna yang sedikit berbeda, lambang OSIS SMP dan SMA mempunyai pesan yang sejalan, yaitu agar siswa Indonesia mampu menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang dan tanah air.

Lalu, bagaimana dengan arti dari elemen-elemen lain dalam lambang OSIS? Berikut artinya,

1. Pelangi merah putih

Seperti yang kita semua ketahui, warna merah dalam bendera berarti berani dan warna putih berarti suci.

Lebih lanjut, warna merah putih yang berbentuk pelangi ini mempunyai nilai folosofis masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan Pancasila.

2. Padi dan pita

Secara detil, dalam logo OSIS terdapat tujuh belas gambar padi, delapan buah pita, dan empat kapas serta lima daun kapas. Ini merepresentasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

3. Bunga bintang

Dalam elemen lima bintang, terdapat lima sudut yang mempunyai nilai-nilai filosofis tersendiri. Masing-masing nilai filosofis tersebut adalah abdi, ajar, aktif, adab, dan amal.

4. Tangan terbuka

Sikap mau tolong-menolong serta bertanggung-jawab adalah makna dari elemen ini.

5. Buku terbuka

Dalam lambang OSIS, gambar buku terbuka memiliki pesan tentang usaha keras untuk belajar, demi memberikan sumbangsih bagi negara.

6. Kunci pas

Gambar kunci pas yang ada dalam lambang OSIS berarti adalah hasrat bekerja keras untuk membangun kepercayaan diri, sehingga tidak bersikap ketergantungan dengan orang lain.

7. Biduk

Terakhir, lambang biduk memperlihatkan bahwa siswa Indonesia layaknya perahu yang sedang mengarungi lautan hidup menuju masa depan yang lebih baik yang sejalan dengan cita-cita nasional.

Makna di lambang OSIS SMP dan SMA rupanya banyak mengandung cita-cita yang tidak sembarangan bagi tanah air ya.



Simak Video "Penolakan SKB Menteri soal Seragam Sekolah di Sumbar, Ini Kata Pemprov"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia