Maudy Ayunda dan Sederet Prestasi Akademiknya yang Buat Forbes Terpikat

Anastasia Anjani - detikEdu
Selasa, 20 Apr 2021 19:12 WIB
Maudy Ayunda
Foto: Maudy Ayunda/ Instagram
Jakarta - Maudy Ayunda kembali menorehkan prestasi, kali ini penyanyi dan aktris berusia 26 tahun tersebut berhasil masuk ke dalam daftar 30 Under 30 tahun 2021 di Forbes. Maudy Ayunda menjadi satu-satunya aktris dan penyanyi dari Indonesia di dalam daftar tersebut.

Melansir dari detikHot dalam laman 30 Under 30 pada Selasa (20/4/2020), Maudy mengungkapkan, "Melewati tahun tersulit di generasi mereka, 300 Millennials dan Gen Z ini secara gigih bertahan dan bahkan berkembang di masa lockdown yang panjang, larangan bepergian, dan ketidakpastian di masa depan."

Selain itu Forbes juga menjelaskan bahwa Maudy telah melalui proses kurasi yang ketat dari 2500 nominasi. Maudy Ayunda berhasil mencuri perhatian dewan juri melalui prestasi dan karyanya.

Berikut adalah deretan prestasi akademik Maudy Ayunda yang membuat Forbes terpikat:

1. Lulusan dari Oxford University dengan Nilai Cumlaude

Maudy menempuh pendidikan S1nya di negeri Inggris tepatnya di Oxford University. Maudy Ayunda menjadi satu-satunya orang Indonesia yang berhasil lulus di jurusan Politics, Philosophy, and Economics (PPE). Maudy juga lulus mendapatkan nilai cumlaude dan lama masa studi tiga tahun. Selama berkuliah Maudy Ayunda juga tergabung ke dalam Oxford Economics Society dan dipercaya menjadi Head of Speakers.

2. Sering Menjadi Pembicara

Maudy sering diundang menjadi pembicara di berbagai forum internasional. Salah satunya yaitu Kongres Diaspora Indonesia pada tahun 2017 lalu. Di kongres tersebut juga hadir mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Forum lainnya yaitu The Regional Conference Evaluate The Millenium Development Goals and Looks to Creating a Foundation for the Post 2015, Indonesian Women's Forum 2018, dan sebagainya.

3. Mendirikan Yayasan

Maudy Ayunda yang juga mendirikan Yayasan Maudy Ayunda Foundation sebagai bentuk kepeduliannya terhadap anak-anak muda Indonesia. Yayasan ini berfokus pada program beasiswa untuk anak-anak miskin dan mentoring. Selain itu Maudy juga adalah co-founder dari gerakan Leaders Camp. Gerakan tersebut adalah gerakan berbagi ilmu ke sekolah-sekolah, menyebar sejuta buku, beasiswa dalam dan luar negeri, dan kegiatan lainnya.

4. Melanjutkan Pendidikan di Stanford University

Prestasi akademik Maudy Ayunda tidak berhenti sampai di sini saja setelah lulus dari Oxford, Maudy Ayunda kembali melanjutkan pendidikannya di jenjang master di Stanford. Di Stanford, Maudy Ayunda mengambil Joint Degree Program (JDP) yang mana merupakan kombinasi dua gelar pasca sarjana yang dapat diambil mahasiswa secara bersamaan. Maudy mengambil jurusan administrasi bisnis dan juga pendidikan.

"Dia adalah aktivis penuh semangat untuk pendidikan, pemberdayaan pemuda, dan masalah-masalah literasi. Maudy Ayunda mendirikan Inspira untuk mendukung perkembangan karier dan mementori anak muda di Indonesia," tulis Forbes.

Melalui akun instagramnya, Maudy Ayunda mengucapkan banyak terima kasih dan rasa syukurnya. "Seneng bgt perjalanan 15 tahun berkarya di apresiasi seperti ini. Sangat bersyukur. Terimakasih semua yang selama ini sudah memberi support dan menjadi cheerleader sejati. The journey is not over! Semoga setelah lulus aku bisa membangun sesuatu dan membawa impact di bidang bisnis dan pendidikan. Wait for it! " tulis Maudy.

Itulah 4 prestasi akademik Maudy Ayunda. Jangan lupa ditiru ya detikers prestasi akademik Maudy Ayunda!



Simak Video "Jerome Polin Tak Menyangka Bisa Masuk Forbes Asia"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia