Mahasiswa USK Aceh dan Unej Temukan Teh Penurun Kadar Gula Darah

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 16 Apr 2021 15:31 WIB
Bikin Gemas! Teh Kantong Berbentuk Lumba-lumba hingga Kepiting
Dua mahasiswa asal Indonesia menemukan teh penurun gula darah dan meraih emas di Rusia (Ilustrasi Teh Foto: Grapee)
Jakarta - Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh Cut Mirna membuat teh yang dapat menurunkan kadar gula darah bekerja sama dengan Thabed Tholib Baladraf mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember.

Inovasi kedua mahasiswa Indonesia ini berhasil meraih medali emas pada event Moscow International Salon of Inventions and Innovation Technologies "Archimedes" Rusia untuk kategori healthy industry.

Laman resmi USK melansir Cut Mirna dan Thabed Tholib Baladraf memberi nama teh untuk menurunkan gula darah tersebut yaitu Tea Jamaci. Sebelum membuah Tea Jamaci, mereka melakukan eksperimen terlebih dahulu.

Keduanya melakukan uji coba apakah teh tersebut dapat terbukti menurunkan kadar gula darah. Eksperimen dilakukan dengan bertukar ide dan pengujian laboratorium untuk mewujudkan keberhasilan produk.

"Teh yang kami buat ini terdiri dari rempah pilihan di Aceh dan Jember. Kami mengkombinasikan rempah-rempah tersebut untuk menjadikan inovasi yang abstrak dan baik untuk kesehatan", ujar mahasiswa USK tersebut.

Selain itu Cut Mirna juga mengatakan, terdapat banyak investor yang mengunjungi mereka di event tersebut. "Walaupun diselenggarakan secara daring dengan desain 3D, hal tersebut tidak menurunkan semangat kami dalam menjelaskan detail produk," ujar Mirna.

Cut Mirna juga berharap produk Tea Jamaci dapat masuk dalam pasar komersil dan dapat bermanfaat bagi orang.

Selain Teh Jamaci ternyata terdapat beberapa teh untuk menurunkan gula darah. Berikut adalah penjelasannya yang dilansir dari Boldsky:

1. Teh Ginseng

Ginseng dipercaya dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dan membantu meningkatkan sekresi insulin dari pankreas. Meminum teh ginseng dianjurkan setiap pagi untuk menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali.

2. Teh Hijau

Teh untuk menurunkan kadar gula darah yang kedua yaitu teh hijau. Teh hijau mampu mengendalikan kadar gula darah. Selain itu teh ini juga mempunyai efek besar pada tekanan darah dan dapat mengurangi kolesterol LDL.

3. Teh Dandelion

Dandelion memiliki komponen bioaktif dengan sifat antidiabetik potensial. Mengonsumsi daun dandelion dan akarnya dapat membantu mengurangi gula darah.

4. The Oolong

Teh Oolong memiliki kandungan kafein yang dapat membantu penderita diabetes menurunkan gula darah. Hal ini dapat dilakukan dengan memasukkan dua sendok the daun oolong ke dalam secangkir air panas dan biarkan selama 1-5 menit hingga teh meresap.

Itu tadi adalah penjelasan mahasiswa yang menemukan teh untuk menurunkan kadar gula darah dan macam teh-teh lainnya yang memiliki fungsi yang sama. Selalu perhatikan kadar gula darah kalian ya detikers! (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia