Kisah Chantika, Peserta UTBK yang Semangat Ujian Meski Gunakan Kursi Roda

Puti Yasmin - detikEdu
Kamis, 15 Apr 2021 15:15 WIB
Kisah Chantika, Tetap Semangat Ikuti UTBK di UNDIP Pakai Kursi Roda
Foto: Dok. Undip/Kisah Chantika, Peserta UTBK yang Semangat Ujian Meski Gunakan Kursi Roda
Jakarta - UTBK SBMPTN 2021 gelombang I telah berlangsung pada 12 April kemarin. Chantika Diffa Raihan pun menjadi salah satu peserta dalam ujian yang diselenggarakan pada Rabu, (14/4/2021) kemarin.

Gadis yang biasa dipanggil Chantika ini mengikuti ujian di Kampus Undip Tembalang. Meski menggunakan kursi roda, Chantika tetap semangat mengikuti ujian masuk PTN bersama ribuan siswa lainnya.

Kisah Chantika ini ditulis dalam situs resmi Universitas Dipenogoro (Undip). Diketahui, wanita dari SMA Teuku Umar Semarang, Jawa Tengah ini harus menggunakan kursi roda pasca kecelakaan yang menimpa dirinya.

"Dengan bantuan kursi roda pasca kecelakaan kendaraan bermotor, Chantika nama panggilan peserta tersebut begitu semangat mengikuti UTBK untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi," bunyi tulisan tersebut dikutip detikEdu, Kamis (15/4/2021).

Chantika sendiri pada seleksi UTBK SBMPTN 2021 memilih prodi S1 Kesehatan Masyarakat FKM-Undip sebagai pilihan pertamanya. Ia berharap bisa lolos dalam ujian tersebut.

Pada kesempatan ini, Chantika beruntung mendapatkan ruangan ujian di Laboratorium E-Learning Gedung ICT, Kampus Undip Tembalang, Jawa Tengah. Sebab, Kampus Undip ditata agar ramah pada difabel.

Hal ini juga diungkapkan oleh Rektor Undip Yos Johan Utama. Menurutnya, Undip telah menyiapkan fasilitas, mulai dari lokasi, alat khusus, dan pemrograman serta sarana prasarana yang mendukung.

Bahkan, bagi para difabel, Undip menyiapkan petugas khusus demi membantu peserta. Dengan begitu, para peserta bisa dengan nyaman melaksanakan ujian.

"Dengan demikian, peserta difabel dan yang berkebutuhan khusus, juga peserta yang menggunakan kursi roda karena kecelakaan dapat mengikuti UTBK dengan nyaman dan lancar," tutup dia.

Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia