Sejarah Bulutangkis: Asal Negara & Beda Permainan Dulu-Sekarang

Sejarah Bulutangkis: Asal Negara & Beda Permainan Dulu-Sekarang

Cicin Yulianti - detikEdu
Senin, 24 Okt 2022 15:00 WIB
ilustrasi badminton
Foto: iStockphoto/undefined/olahraga bulutangkis
Jakarta -

Bulutangkis atau badminton menjadi salah satu olahraga favorit masyarakat Indonesia. Sejak dulu hingga, atlet Indonesia kerap menorehkan prestasinya hingga level Internasional. Sebut saja Susi Susanti, Alan Budikusuma, Taufik Hidayat, hingga era Marcus Gideon, Kevin Sanjaya dan Jonatan Christie (Jojo).

Permainan bulutangkis menjadi sangat dekat di telinga masyarakat Indonesia karena kompetisinya yang sering ditayangkan di stasiun televisi. Selain itu, eksistensi atlet bulutangkis hingga level Internasional membuat olahraga ini semakin digemari untuk diikuti.

Namun sejauh ini, sudahkah kamu tahu bagaimana sejarah bulutangkis? Berikut ini penjelasan sejarahnya dikutip dari buku Buku Ajar Bulutangkis oleh Eskar T Denantara ( 2021).


Sejarah Bulutangkis

Banyak orang mengenal permainan bulutangkis dengan sebutan badminton. Dari manakah asal mula kata badminton?

Kata badminton berasal dari sebuah rumah (istana) bernama Badminton House yang terletak di kawasan Gloucestershire, sekitar 200 kilometer sebelah barat London, Inggris.

Pemilik bangunan tersebut, Duke of Beaufort beserta keluarganya merupakan aktivis bulutangkis. Meski begitu, Duke of Beaufort bukanlah penemu permainan bulutangkis.

Pengenalan istilah badminton menjadikan bulutangkis menjadi mulai dikenal oleh kalangan atas hingga sampai saat ini istilahnya sudah menyebar ke seluruh penjuru negara.

Bermula dari India pada 1870-an

Beberapa orang, mengetahui bahwa sejarah bulutangkis lahir di negeri India. Bukti yang menyebutkan bahwa India menjadi penemu permainan bulutangkis adalah bermula pada tahun 1870-an. Pada tahun tersebut, India mulai membuat peraturan-peraturan terkait bulutangkis.

Di India, nama bulutangkis dikenal sebagai battledore. Permainan bulutangkis ini saat itu diketahui sebagai permainan antar dua orang yang menepak bola ke depan (forehand) dan ke belakang (backhand). Dalam permainan ini, pemain menggunakan bat atau penepak dari kayu.

Kemudian pada abad ke-19, permainan ini mulai menyebar ke pinggiran kota Inggris. Selanjutnya, pada tahun 1907, permainan bulutangkis menyebrang dari Inggris ke Afrika Selatan, Kanada, hingga New York.

Pada tahun 1920-an, bulutangkis menyebar ke Eropa, Amerika Utara dan Asia. Negara Malaysia dan Singapura menjadi negara yang pertama kali dikenalkan permainan bulutangkis. Setelah itu, barulah permainan ini masuk ke Indonesia.

Permainan bulutangkis pun akhirnya berkembang pesat sebagai ajang dalam memupuk pergaulan dan penyelenggaraan kompetisi nasional maupun internasional.

Beda Permainan Bulutangkis Dulu dan Sekarang

Ada beberapa perbedaan bulutangkis zaman dulu dan sekarang, yakni:

1. Shuttlecock yang digunakan zaman dulu dua kali lebih besar dibandingkan saat ini

2. Panjang raket zaman dahulu sekitar setengah meter dengan kepalanya yang bulat dan tanpa senar

3. Zaman dulu, bentuk raket yang dipakai terbuat dari kayu penepak yang ditutup kertas kulit dan jika seseorang memukul kok bunyinya terdengar seperti seseorang yang memukul tambur.

Nah, itulah sejarah perkembangan bulutangkis di dunia beserta perbedaan permainan dulu dan sekarang. Apakah detikers salah satu penggemar olahraga bulu tangkis?



Simak Video "Jokowi Ucapkan Selamat ke Leo/Daniel yang Juara Thailand Master"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia