Arkeolog Temukan Patung Hercules Berusia Lebih dari 1.800 Tahun di Yunani

Arkeolog Temukan Patung Hercules Berusia Lebih dari 1.800 Tahun di Yunani

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 07 Okt 2022 17:30 WIB
Patung Hercules berusia lebih dari 1.800 tahun ditemukan di Yunani
Foto: Greek Ministry of Culture and Sports/Patung Hercules berusia lebih dari 1.800 tahun ditemukan di Yunani
Jakarta -

Arkeolog menemukan sisa-sisa patung klasik berusia lebih dari 1.800 tahun di kota metropolitan kuno Philippi, di sebelah timur laut Yunani. Menurut pernyataan Kementerian Kebudayaan dan Olahraga negara tersebut, selama penggalian para arkeolog menemukan karya periode Romawi yang menggambarkan pahlawan mitos Hercules atau juga dikenal sebagai Heracles.

Tim peneliti dari Aristotle University of Thessaloniki di Yunani memfokuskan penggalian mereka di sebuah situs yang terletak di jalan utama kota. Penggalian ini berakhir pada pertengahan September lalu.

Mengutip dari CNN Style, penggalian itu juga mengungkapkan struktur hiasan yang diduga merupakan air mancur yang menghiasi patung tersebut. Para arkeolog percaya bahwa struktur ini asalnya dari abad ke-8 atau 9, sebab patung kerap menghiasi bangunan dan ruang publik di Konstantinopel (sekarang Istanbul, Turki) selama era pemerintahan Romawi sampai akhir periode Byzantium.

Penemuan Patung Hercules

Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Yunani mendeskripsikan patung tersebut sebagai "patung yang lebih besar dari kehidupan", menggambarkan Hercules yang masih muda dan tidak mengenakan jubahnya.

Legenda menyebutkan bahwa Hercules adalah putra Zeus, seorang dewa Yunani dan penguasa Gunung Olympus. Hercules dalam kisahnya menunjukkan kekuatan manusia super dan mengatasi 12 cobaan yang diberikan oleh Raja Eurystheus.

Para arkeolog sendiri mengidentifikasi patung Hercules itu berdasarkan wujud singa yang tergantung di tangan kirinya dan sebuah tongkat yang ditemukan di pecahan-pecahannya.

Berdasarkan mitos, salah satu tugas Hercules adalah membunuh singa Namea yang kemudian kulitnya dia pakai. Di kepala patung Hercules juga ada karangan bunga dari daun anggur yang diikat pita berakhir di bahu.

Pengajar arkeologi Byzantium di Universitas Birmingham Inggris, Archie Dunn menggambarkan penemuan ini sangat menarik. Meski dia tidak terlibat dalam penggalian, Dunn mengatakan bahwa bangunan abad ke-8 dan 9 jarang dihiasi dengan patung, utamanya yang berasal dari budaya pagan.

Menurut Dunn, lokasi di mana tim peneliti menemukan patung tersebut menunjukkan penempatannya ketika didirikan memang disengaja demikian.

"Ada patung setengah dewa seperti Hercules di tengah kota, di persimpangan dua jalan utama. Jadi, ini bukan ketidaksengajaan," kata dia.

Mengacu pada teks abad pertengahan berjudul The Patria yang membicarakan soal Konstantinopel, Dunn menerangkan bagaimana orang-orang lupa gambar dewa mereka dan memperkuatnya melalui legenda. Oleh sebab itu, arti penting patung tersebut mungkin telah hilang atau dilupakan, utamanya jika karya tersebut direkonstruksi kembali.

Para arkeolog dikabarkan akan melanjutkan penggalian mereka di Philippi ini tahun depan.



Simak Video "Melihat Produksi Patung Bunda Maria dan Yesus di Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia