Diperkirakan Berusia 5.400 Tahun, Pohon Ini Diklaim Tertua di Dunia

Devi Setya - detikEdu
Senin, 13 Jun 2022 21:30 WIB
Pohon Berusia 5.400 Tahun
Pohon tertua di dunia Foto: Livescience
Jakarta -

Setiap pohon memiliki usia yang berbeda tergantung jenis dan tempat dimana pohon ini tumbuh. Tapi di Chili ada sebuah pohon yang disebut-sebut sebagai pohon paling tua di dunia yakni pohon Gran Abuelo.

Dilansir dari Live Science (13/6) pohon Gran Abuelo yang ditemukan di Taman Nasional Alerce Costero di Chili ini diyakini sebagai pohon tertua di dunia. Menurut sebuah penelitian, pohon ini telah berdiri selama berabad-abad ketika batu-batu besar pertama didirikan di Stonehenge.

Gran Abuelo adalah bahasa Spanyol yang artinya kakek buyut. Nama ini disematkan untuk pohon dari jenis alerce (Fitzroya cupressoides). Pohon ini tumbuh menjulang di atas jurang di Andes Chili. Diperkirakan pohon ini berusia 5.400 tahun.

Jika hal ini terbukti, Gran Abuelo berhasil mengalahkan pemegang rekor pohon tertua di dunia sebelumnya. Awalnya rekor pohon tertua di dunia ini dipegang oleh pohon pinus Great Basin (Pinus longaeva) yang berlokasi di California.

Pemegang rekor sebagai pohon tertua di dunia ini dikonfirmasi berusia 4.800 tahun. Terdapat selisih usia 600 tahun lebih muda dibandingkan Gran Abuelo.

Berikut fakta seputar Gran Abuelo, pohon tertua di dunia:

1. Usianya masih diperdebatkan

Usia pasti untuk pohon Gran Abuelo ini masih menjadi misteri. Dibutuhkan analisis cincin pohon untuk menentukan usia Gran Abuelo ini. Metode penghitungan usia pohon ini dikenal dengan sebutan dendrokronologi. Saat ini masih dilakukan proses penelitian untuk melihat usia pohon ini sebelum nantinya ditetapkan sebagai pohon tertua di dunia.

Data terkait penghitungan usia pohon ini belum dirilis secara publik atau diserahkan ke jurnal peer-review.

Jonathan Barichivich, seorang ilmuwan iklim dan ekologi global di Laboratorium Ilmu Iklim dan Lingkungan di Paris mengatakan berapapun usianya, pohon itu dianggap sedang dalam bahaya dan perlu dilindungi.

"Ini benar-benar dalam kondisi yang buruk karena pariwisata," dan pohon itu juga terpengaruh oleh perubahan iklim, kata Barichivich kepada Live Science.

2. Ukuran pohon Gran Abuelo

Gran Abuelo merupakan jenis tumbuhan berdaun rimbun. Pohon ini menjulang setinggi 196 kaki atau sekitar 60 meter. Pohon ini tumbuh di hutan berkabut di Taman Nasional Alerce Costero di Chili.

Awalnya pohon ini diperkirakan berusia sekitar 3.500 tahun. Tetapi para ilmuwan belum pernah menganalisis usianya secara sistematis.

"Kami ingin menceritakan kisah pohon itu dengan satu-satunya tujuan untuk menghargai dan melindunginya," kata Barichivich.

Pada tahun 2020, Barichivich dan rekannya Antonio Lara, seorang profesor kehutanan dan sumber daya alam di Austral University of Chile, menggunakan teknik tak rusak untuk mengebor inti kecil dari pohon. Mereka menemukan cincin pohon yang menunjukkan angka 2.465 tahun. Namun, metode ini tidak dapat mencapai bagian tengah pohon yang memiliki diameter 13 kaki (4 m).

Dengan demikian masih banyak lingkaran pertumbuhan pohon yang tidak dapat dihitung. Kemudian para peneliti mencoba metode baru untuk menghitung kembali sisa usia yang belum dijangkau sebelumnya.

3. Pohon ini terancam punah

Pohon Gran Abuelo ini telah bertahan selama ribuan tahun, masa depannya diragukan dan menjadi pohon yang terancam punah. Apalagi pohon kuno itu telah dikelilingi oleh jalan setapak sempit yang dapat menghancurkan akarnya.

Apalagi, setelah heboh disebut sebagai pohon tertua di dunia, Gran Abuelo kerap dikunjungi wisatawan yang datang untuk sekedar melihat atau menyentuh pohon ini. Jika banyak orang yang menginjak dan menyentuhnya, bukan tidak mungkin pohon ini akan rusak, bahkan mati.

Tak hanya itu, perubahan iklim dan kekeringan yang melanda selama 10 tahun juga turut menjadi faktor yang menyebabkan kerusakan pohon.

Untuk melindungi Gran Abuelo dari kerusakan lebih lanjut, Barichivich dan rekan-rekannya telah mengusulkan menempatkan selubung jaring setinggi 10 kaki (3 m) di sekitar pohon untuk mencegah orang mendekat. Mereka juga merekomendasikan untuk memindahkan jalan setapak lebih jauh dari lokasi akar pohon kuno ini katanya kepada Live Science.



Simak Video "Inikah Wujud Pohon Tertua di Bumi?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia