Siswa, Ini Asal Usul Nama Gunung Semeru yang Disebut Paku Pulau Jawa

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 08 Des 2021 11:30 WIB
gunung semeru
Foto: Nurhadi Wicaksono
Jakarta -

Gunung Semeru terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gunung Semeru merupakan gunung yang tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggiannya mencapai 3.676 meter dari permukaan laut.

Puncak Gunung Semeru dikenal sebagai Mahameru. Penamaan puncak Mahameru ini menurut legenda ada kaitannya dengan sebutan Paku Pulau Jawa.

Sebelum membahas lebih detail mengenai kaitan tersebut, terlebih dulu akan dijelaskan bagaimana asal usul nama Gunung Semeru diciptakan.

Asal Usul dan Arti Nama Gunung Semeru

Disebutkan dalam jurnal berjudul Toponimi Gunung Semeru karya Djindan dkk. seperti dikutip dari akun Instagram Kemdikbud RI pada Rabu (08/12/2021), Gunung Semeru juga kerap disebut dengan Mahameru.

Istilah mahameru didapat dari bahasa Sansekerta yang artinya meru agung. Meru artinya adalah pusat jagat raya dan agung artinya besar.

Semeru juga memiliki beberapa nama lain yaitu Semeroe, Smeru, dan Smiru. Ejaan nama ini diambil dari peta Beschryving van de vulkanen Semeroe en Lemongan yang merupakan peta ekspedisi dari Belanda di abad ke-19. Peta ini dinamakan Top van den Semeroe (1879).

Dalam peta tersebut, Semeroe ditulis sebagai nama gunungnya dan Mahameroe sebagai nama puncaknya.

Kaitan Antara Julukan Paku Pulau Jawa dan Nama Mahameru

Legenda mengenai asal usul Gunung Semeru dikatakan terdapat dalam kitab kuno Tantu Pagelaran yang dipercaya dari abad ke-15. Demikian dikutip dari buku Soe Hok Gie Sekali Lagi: Buku, Pesta, dan Cinta di Alam Bangsanya karya Rudi Badil dkk.

Dalam kitab kuno Tantu Pagelaran disebutkan, suatu saat Pulau Jawa mengapung terombang-ambing di lautan. Kemudian, Batara Guru yang dianggap sebagai penguasa tunggal memerintahkan para dewa dan raksasa agar memindahkan Gunung Mahameru di India, untuk menjadikannya sebagai paku Pulau Jawa agar tidak terombang-ambing.

Para dewa dan raksasa lalu meletakkan Gunung Mahameru di bagian barat Pulau Jawa. Akan tetapi, disebabkan timur Pulau Jawa posisinya terjungkit ke atas, akhirnya gunung tersebut dipindah ke bagian timur.

Di perjalanan pemindahannya, Gunung Mahameru berceceran dan membentuk beberapa gunung lain di Pulau Jawa. Saat diletakkan pun, posisinya miring ke utara. Sehingga, ujung gunung ini dikisahkan dipotong dan potongannya diletakkan di barat laut. Potongannya ini disebut Gunung Pawitra yang sekarang dikenal sebagai Gunung Penanggungan.

Kisah Gunung Semeru yang berasal dari Gunung Mahameru ini senada dengan yang dikatakan dalam The Seven Summits of Indonesia milik Hendri Agustin. Hendri menyebutkan, Gunung Meru yang dipindahkan dari India dipercaya sebagai asal mula nama Mahameru. Gunung Semeru juga dipercaya sebagai ayah dari Gunung Agung yang ada di Bali.



Simak Video "Gunung Semeru Status Siaga, Warga Mulai Evakuasi Harta Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia